Program Bakti Sosial Operasi Katarak

Program Bakti Sosial Operasi Katarak

1 Komentar 575 Views

Tiga gereja di kawasan Cilandak, Pondok Indah dan sekitarnya, yaitu Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pondok Indah, Gereja Katolik Santo Stefanus dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Nehemia, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Seksi Penanggulangan Buta Katarak, mengadakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis pada tanggal 7, 14 dan 21 November 2009, bertempat di GKI Pondok Indah, Jl. Sekolah Kencana IV/TN 7, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Operasi katarak ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Visi Global 2020 dari Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO), The Right to Sight, serta Visi Indonesia Sehat 2020, yakni membebaskan Indonesia dari buta yang diakibatkan oleh katarak.

Operasi katarak ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup penderita katarak pasca-operasi.

Selain sebagai kerjasama ekumenis ketiga gereja tersebut, bakti sosial ini juga menjadi bentuk nyata kepedulian warga ketiga gereja bagi masyarakat umum yang tidak mampu. Pnt. Hari Santoso dari GKI Pondok Indah, selaku Ketua Panitia Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, menjelaskan bahwa sebanyak 327 orang pasien telah menjalani operasi katarak gratis dari target semula 300 orang pasien.

Jumlah seluruh pendaftar adalah 567 orang, termasuk 67 orang yang berstatus waiting list (sudah diberitahu sejak semula bahwa jika pendaftar sudah mencapai 500 orang, maka tidak dapat diikutsertakan). Namun tidak semua pendaftar dapat menjalani operasi, terutama karena kondisi kesehatan mereka yang tidak memungkinkan, misalnya menderita tekanan darah tinggi atau penyakit diabetes melitus.

Operasi Katarak dilakukan oleh tim medis (dokter-dokter spesialis mata dan para perawat) dari PERDAMI dan dibantu oleh dokter, tim medis dan relawan yang berasal dari ketiga gereja penyelenggara.

Operasi dilakukan dengan sistem manual dan juga menggunakan alat canggih yang disebut Phacoemulsi Vication, yang mempergunakan gelombang ultrasound getaran tinggi.

Pasien Operasi Katarak Gratis tidak hanya berasal dari jemaat penyelenggara,  namun beberapa pasien datang dari  Bima, Bandar Lampung, Banyumas, Pemalang, dan kota-kota lain. Operasi ini dilaksanakan tanpa membedakan suku, agama  dan ras.

Program bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pelayanan ekumene tiga gereja (3 G) dari Majelis Jemaat GKI Pondok Indah, Majelis GKJ Nehemia dan Dewan Paroki Gereja Katolik St. Stefanus dengan membentuk dan mengangkat Panitia Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis pada tanggal 3 Agustus 2009.

Panitia yang terdiri atas umat tiga gereja, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Seksi Penanggulangan Buta Katarak, melakukan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis bagi masyarakat umum dengan Motto: Disiplin Tapi Penuh Kasih –First Come First Serve.

Mereka yang dapat mengambil bagian menerima layanan operasi katarak dalam rangka Bakti Sosial Tiga Gereja tadi adalah mereka yang tidak mampu/pra sejahtera; berusia dewasa minimum 17 tahun (fotokopi KTP); membawa surat rujukan dokter bahwa ia penderita katarak; tidak punya penyakit kronis lain; memperlengkapi diri dengan Surat Keterangan tidak mampu dari Gereja dan/atau RT/RW setempat; pasien dan keluarganya menandatangani Surat Pernyataan Bersedia Dioperasi.

Operasi gratis ini meliputi pemeriksaan awal/screening (H-1): visus, tekanan bola mata, tekanan darah, gula darah sewaktu ukur lensa, gunting bulu mata dll.; operasi (H), penanaman lensa (IOL) + obat; kontrol pertama (H+1); dan kontrol kedua (H+6).

(skt/rw)

1 Comment

  1. budhi

    tolong kalau ada program sejenis, kasih tahu kami ya. di 081946367930 kami membutuhkan..

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Antar Kita
  • Persahabatan Dalam Pelayanan
    Kebersamaan Pendeta dan Penatua GKI Klasis Jakarta Dua
    Badan Pekerja Majelis GKI Klasis Jakarta Dua Bidang Persekutuan dan Pembinaan telah menyelenggarakan acara Kebersamaan Pendeta dan Penatua di...
  • Zamur 2019
    Kegiatan Zamur 2019
    Komisi pemuda dan remaja GKI Pondok Indah kembali mengadakan kegiatan sosial Zamur 2019 (Bazar Murah) dengan tajuk “Mari berbagi,...
  • Mereka Juga Mau Membaca
    Perjalanan Membuka Puluhan Taman Baca di Lampung Barat
    Saya sampai di gereja pagi itu, tanggal 27 Desember, sekitar pk. 06.30, dan bertemu dengan Pnt. Sujarwo dan istri...
Kegiatan