Balai Pengobatan Umum  

Berdirinya Poliklinik di GKI Pondok Indah berawal dari pemikiran salah seorang jemaat, dr Yudi Budiharja, yang melihat adanya kebutuhan pelayanan kesehatan di lingkungan gereja kita. Pemikiran itu kemudian dikembangkannya dengan dr. Widyaharsana yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua Majelis. Setelah mendapat persetujuan Majelis, dr Yudi mengurus semua perizinan yang diperlukan, dan pada akhirnya poliklinik GKI PI resmi dibuka pada tanggal 10 November 1991 oleh alm. Bapak Darma Suria.

Pada awal kegiatannya, dr Julie Widyaharsana diangkat sebagai penanggung jawab poliklinik ini. Badan Pengawas terdiri atas dr. Yudi Budihardja, dr. Okky Hutama dan dr. Kristina R Setiawan, sedangkan Ibu Celly Wijaya menjabat sebagai administrator. Ibu Nyoman Pariasih dan Ibu Ester Martin Naffi diangkat sebagai perawat; dan ibu Tini Sukiyono sebagai tenaga non-medis.

Misi poliklinik GKI PI ialah memberi pelayanan kesehatan dasar yang bermutu dan terjangkau kepada masyarakat di sekitar gereja dan juga kepada jemaat gereja sendiri. Untuk menyukseskan poliklinik ini, selain dokter-dokter yang namanya disebut di atas, beberapa orang jemaat yang berprofesi dokter kemudian ikut melayani. yaitu dr. Debbie Hertiani, dr. Nasution, dr. Nono B. Wyotokusumo, dr. Indri Wilmana, dr. Belinda Nadesul, dr. Iriani Pujiastuti, dr. Francine Luhulima, dr Hanna S. Wibowo dan dr Debora Tjahjadi. dr. Yudi Budihardja sendiri kemudian menjadi penanggung jawab poliklinik ini dari tahun 2001–2006 dan masih tetap melayani sampai saat ini.

Poliklinik GKI PI pernah mengadakan kerjasama dengan Universitas Kristen Indonesia (UKI) dalam pengadaan dokter yang melayani di sana secara silih ganti.

Pada awalnya, tarif pengobatan Rp.500.- Untuk memperkenalkan poliklinik yang baru dibuka ini, masyarakat di sekitar Terogong diberi kupon gratis untuk berobat. Perlahan tapi pasti keberadaan poliklinik ini tidak hanya dikenal di sekitar Pondok Indah saja, tetapi jauh sampai ke Pamulang, Cinere, Cilandak dan Cipete.

Pada tanggal 1 April 2005, pengelolaan poliklinik, baik umum (BPU) maupun gigi (BPG) yang semula berada di bawah Yayasan Kasih GKI PI, dialihkan ke Komisi Pelayanan Kesehatan yang berada di bawah Majelis Bidang Oikumene, yang sekarang disebut Majelis Bidang Kesaksian dan Pelayanan (Mabid. Kespel).

Kini poliklinik ini menjangkau masyarakat yang lebih luas. Bekerja sama dengan Komisi Dikkesra, poliklinik GKI PI melayani sampai ke daerah Teluk Naga, Desa Kemang, Sawangan dll. dalam bentuk Bhakti Sosial yang diberikan secara gratis.

Jadwal buka poliklinik
Poliklinik Buka Setiap HariSenin – Sabtu
Pendaftaran08.00 – 11.00
Praktek Dokter09.00 – 13.00
Praktek soreSelasa dan Jumat
Pendaftaran15.00 – 16.00
Praktek Dokter16.00 – 18.00

 

Antar kita
  • Umat Tuhan Desa Mongham di Perbatasan PNG Merindukan Rumah Ibadah
    Sungguh memprihatinkan keadaan sebuah jemaat di desa Mongham Batom di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, yang bertahun-tahun lamanya hanya beribadah di sebuah bangunan alang alang sebagai gereja, karena ketiadaan biaya dan letaknya yang sangat jauh dari ibukota Kabupaten. Jalan menuju...
  • Bakal Pos Parakan Salak: Take and Give
    Pandemi COVID-19, yang sudah berlangsung kurang lebih 6 bulan, telah menambah kesulitan hidup semua kalangan. Hal ini juga dirasakan oleh jemaat Bapos Parakan Salak yang berdomisili di Desa Kemang, Bogor. Para anggota jemaat yang bekerja di pabrik-pabrik makanan dan...
  • Mengunjungi Komunitas Kanker di GKJ Salatiga
    Mengunjungi Komunitas Kanker di GKJ Salatiga
    Pada awalnya, saya (Diana) bersama Pdt. em. Purboyo dan Pdt. Bonnie datang ke Jogja untuk memenuhi undangan semiloka “Pendampingan Keluarga dan Pasien Kanker” yang diadakan oleh LPPS Samirono Jogjakarta. Waktu itu kami bertiga diminta untuk menjadi nara sumber. Edukasi...
Video GKIPI
  • Kebaktian Online Minggu 18 Oktober 2020
  • Storytelling Anak Kelas Kecil 18 Oct 2020 : Kisah Runtuhnya Tembok Yerikho, Tuhan Berkuasa
  • Storytelling Anak Kelas Besar 18 Oct 2020 : Kisah Runtuhnya Tembok Yerikho, Tuhan Berkuasa