Berita Dari Pos PI  Desa Kemang

Berita Dari Pos PI Desa Kemang

Belum ada komentar 29 Views

Mungkin bagi sebagian besar anggota Jemaat GKI PI, Rabu Abu dan Kamis Putih merupakan liturgi ibadah Pra Paska yang telah dipahami. Berbeda dengan jemaat di Pos PI Desa Kemang. Istilah Rabu Abu dan Kamis Putih menjadi suatu teka teki bagi mereka.Tak dapat dimungkiri bahwa pemikiran sebagian jemaat langsung tertuju pada “abu” (meja hiolo) untuk memberikan penghormatan kepada leluhur keluarga dan “putih” yang merupakan warna kedukaan bagi pemeluk Kong Hu Cu. Karena salah satu alasan itulah ibadah Kamis Putih dilaksanakan tersendiri di Desa Kemang, tidak bergabung dengan GKI Pondok Indah.

Sekitar 75 jemaat dan simpatisan dengan sangat antusias mengikuti ibadah yang dimulai tepat pukul 19.00 dan berakhir pada pukul 20.30. Kemudian hadirin mengikuti acara ramah tamah dengan menikmati makanan kecil yang sudah disiapkan oleh para ibu di Pos ini.

Dalam ibadah ini, jemaat diajak untuk merenungkan makna perjamuan malam terakhir dan pembasuhan kaki yang diadakan oleh Yesus kepada para murid-Nya. Tindakan membasuh kaki merupakan salah satu bentuk pelayanan bagi sesama, dan membutuhkan kerendahan hati. Semula jemaat berkeberatan apabila kaki mereka dibasuh oleh pendeta, tetapi setelah diberi penjelasan singkat, akhirnya Bapak Hon Sin dan Ibu Eng Nyoh bersedia mewakili jemaat dalam upacara simbolis ini. Bagi jemaat, inilah hal yang paling menarik dalam ibadah Kamis Putih, dan setelah mendengarkan khotbah dari Yohanes 13 :1-15, mereka semakin memahami makna Kamis Putih.

Paska

Sekitar 175 jemaat Pos Desa Kemang, termasuk beberapa anggota Komisi PI, menghadiri ibadah Paska di Neng Anggrek, Parung, Bogor. Ibadah yang dipimpin oleh Pdt Luisye dengan pendamping Pnt. Yanti Sabarinah dan Pnt. Sylvia berjalan dengan baik. Suasana ibadah bertambah hidup dengan adanya spontanitas drama yang mengisahkan tentang beberapa perempuan yang pergi ke kubur Yesus pada hari Minggu pagi. Ibu Netty, Ibu Elyana, dan Ibu Yanti terlihat begitu piawai membawakan peran tersebut. Mereka kemudian berjumpa dengan Ibu Eng Nyoh yang berperan sebagai malaikat. Tak ketinggalan Ibu Me Hua, yang memerankan peran Simon Petrus, sempat membuat jemaat tersenyum.

Acara Paska kali ini juga dimeriahkan oleh VG Sangkakala dari GPIB Sawangan. Usai ibadah, acara dilanjutkan dengan perlombaan Cerdas Cermat Alkitab (CCA), yang diikuti oleh 18 orang yang tergabung dalam kelompok pemuridan wanita di Pos ini. Kemudian acara Paska ditutup dengan makan siang bersama-sama.

Berbeda dengan ibadah kaum dewasa, ibadah bagi anak-anak dan remaja berlokasi di alam terbuka, sesuai dengan tema “Paska Ceria Anak dan Remaja.” Berbagai acara yang dikemas oleh PIC Desa Kemang (Ibu Nesy dan Ibu Yuli) dan para Guru Sekolah Minggu (GSM) berlangsung dengan sangat menyenangkan sehingga momen Paska ini benar-benar menjadi suatu pelajaran rohani yang mendasarbagi generasi muda di sana.

Ibadah “Paska Ceria” dipimpin oleh Ibu Natali dengan drama yang dibawakan oleh GSM. Kemudian acara dilanjutkan dengan perlombaan menggambar yang diikuti oleh anak-anak Sekolah Minggu (ASM) kelas kecil, lomba menghias telur Paska oleh ASM kelas besar, dan lomba membuat ringkasan film ”Pengadilan Yesus” yang sebelumnya telah disaksikan oleh ASM dalam ibadah Jumat Agung.

Para remaja dan pemuda juga terlihat dalam permainan “Cepat, Tepat Dia Dapat.” Lomba mencari dan memperagakan ayat Firman Tuhan ini dipandu Oleh Kak Dinda.

Seluruh jemaat yang hadir, terlibat dalam perayaan Paska. sehingga semangat Paska “Perayaan Kemenangan Orang Beriman di Dalam Kristus” benar-benar dialami oleh jemaat Pos PI Desa Kemang. (LS)

 

 

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Antar Kita
  • run
    RUN WITH DEMUD TRAIL
    Look deep into nature, and then you will understand everything better. – Albert Einstein Itulah salah satu motivasi kami...
  • 4do
    4DO 2017
    4DO (4 Days Out), yang biasa disebut sebagai Retret Remaja, merupakan salah satu program terfavorit Komisi Remaja GKI yang...
  • Arti Pengharapan Dalam Pelayanan Pastoralia
    Pembinaan Pendampingan Pelawat & Pelayat GKI PI
    Kegiatan Pembinaan Pendampingan Pelawat dan Pelayat GKI Pondok Indah diselenggarakan pada hari Sabtu, 1 April 2017, bertempat di kediaman...
Kegiatan