4do

4DO 2017

Belum ada komentar 15 Views

4DO (4 Days Out), yang biasa disebut sebagai Retret Remaja, merupakan salah satu program terfavorit Komisi Remaja GKI yang diselenggarakan setahun sekali. 4DO berawal dari Retret Remaja yang tadinya bernama 3DO (3 Days Out) dan berubah menjadi 4DO sekitar 5 tahun lalu. Kegiatan ini dimulai dari kerinduan untuk menciptakan suatu komunitas remaja yang hidup dan terus bertumbuh di dalam Tuhan. Persiapan yang dilakukan Panitia 4DO 2017 tidaklah mudah dan cepat, karena memerlukan waktu sekitar 5-6 bulan. Salah satunya  adalah dengan menggalang dana.

Penggalangan Dana dilaksanakan oleh panitia serta beberapa peserta 4DO yang berinisiatif untuk ikut membantu. Berbagai jenis makanan, minuman, hingga barang-barang yang dihias dengan dekorasi warna-warni indah ditawarkan, sehingga menarik jemaat GKI PI untuk sekadar melihat-lihat, membeli, atau bahkan memborongnya. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan seusai ibadah dan berlokasi di Plaza Gereja. Tidak hanya itu, penggalangan dana ini juga dilengkapi dengan aksi ‘mengamen’ yang dilakukan oleh para remaja yang bernyanyi dengan iringan musik sambil menyediakan kotak agar jemaat yang lewat dapat memasukkan uang secara sukarela ke dalam kotak tersebut. Selain itu, ada juga kegiatan ‘Car Wash‘ yang biasanya dilaksanakan pada jam ibadah sore, di mana para remaja secara sukarela mencuci mobil jemaat yang sedang beribadah. Biayanya tidak ditetapkan secara khusus dan bersifat sukarela. Namun karena satu dan lain hal, Car Wash tidak dilaksanakan tahun ini. Penggalangan dana yang baru mulai dilakukan sejak tahun lalu, bertujuan untuk menutupi kekurangan anggaran 4DO itu sendiri.

Berbicara mengenai 4DO, tema yang diangkat tahun ini adalah “Percaya Kepada Tuhan Dalam Segala Sesuatu” dengan tagline “Explore”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 6-9 Juli yang lalu di Desa Pelangi, Sentul, dan dikemas sedemikian rupa dengan berbagai sesi, games, diskusi kelompok, serta refleksi di dalam kelompok. 4DO kali ini dilaksanakan berdasarkan tema harian tentang hal-hal penting yang perlu dipelajari oleh para peserta setiap hari, dan berfokus pada satu patokan tertentu. Tema harian yang dibuat tentu tetap mengacu pada tema umum yang diangkat 4DO itu sendiri dan meliputi: Ada Tuhan saat senang, ada Tuhan saat susah, ada Tuhan saat susah maupun senang, dan merayakan kehadiran Tuhan yang selalu ada bagi kita. Selain bertujuan untuk membawa para remaja makin bertumbuh dan berkembang dalam iman kepada Tuhan, 4DO juga bertujuan untuk menjalin hubungan yang erat dan solid di antara para peserta sehingga tercipta suatu hubungan keluarga Komisi Remaja yang akrab.

Acara 4DO kali ini berbeda dari tahun-tahun yang lalu. Tahun ini, acara 4DO dipadatkan dengan berbagai permainan yang menarik. Tentunya tidak hanya sekadar permainan, tetapi tetap ada waktu bagi para peserta untuk merefleksikan apa yang telah dilakukan sebelumnya dengan cara Meaning Making. Dengan demikian para peserta belajar untuk melihat bahwa di balik setiap hal yang mereka alami, ada pesan Tuhan bagi diri mereka masing-masing.

Pada hari pertama, para peserta tinggal di barak, lalu pada hari kedua berganti menjadi camping, dan pada hari ketiga dan keempat kembali menetap di barak. Banyak acara menarik yang dijalani bersama, seperti Sharing Group, Praise and Worship, Lantern Wishes, dan membuat Love Letter. (AS)

 

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Antar Kita
Kegiatan