KAMI BERTANYA

KAKAK PENDETA MENJAWAB

Belum ada komentar 133 Views

Kak, kenapa kalau saya disuruh ikut doa sama papa mama kok ngantuk terus nggak konsentrasi, apalagi kalau doanya lama?

Waaaah kakak Pendeta juga suka ngantuk kalau dengar doa orang lain panjang sekali.

Ngantuk bukan tanda seseorang tidak beriman. Tapi berarti kita sudah mencapai titik fokus yang jenuh.

Kenapa bisa jenuh? Karena tidak sesuai dengan minat kita.

Terus terang karena kakak juga sulit fokus dalam waktu yang lama maka model duduk diam, lipat tangan dan tutup mata bukan model berdoanya kakak.

Jadi bagaimana dong kita berdoanya? Kakak bisa lebih mudah konsentrasi berdoa kalau ada di perjalanan. Sambil lihat pemandangan, lihat mobil yang bergerak, kakak bisa bicara ke Tuhan sendirian.

Nah itu hanya salah satu contoh saja. Jadi ada teori nih namanya Spiritual Pathways. Om Gary Thomas bilang model orang berdoa bisa macam macam. Ada yang bisa berdoa kalau lihat lilin, ada yang bisa berdoa kalau jalan-jalan, ada yang berdoa kalau ada di taman… nah kamu coba berdoa di tempat yang kamu suka.

Lalu doanya juga gak usah panjang-panjang. Cukup satu pokok doa tapi bisa sering lho. Kan bicara sama Tuhan bisa dimana saja

Dan yang terpenting, cobalah menunggu Tuhan berpesan. Bisa lewat lagu, Alkitab, kata-kata bijak seseorang, atau lewat buku, TikTok dan YouTube yang kamu tonton.

Nah kembali lagi bagaimana kalau ada orang berdoa lama, boleh kok supaya lebih konsentrasi, matanya dibuka. Tapi fokus ke satu hal. Kalau sudah susah konsentrasi, pindah lagi lihat yang lain, tujuannya supaya bisa tetap mendengarkan doanya. Lalu, sambil dengar doa orang lain, dalam hati kita memberi respon: “ya Tuhan tolong!” Atau “amin” atau “Benar ya Tuhan” atau respon apa saja tapi di dalam hati.

Nah semoga kamu gak ngantuk lagi ya… Tuhan berkati!

|Pdt. Riani J. Suhardja

Tambahan untuk Papa Mama
Tolong bantu adik-adik kalau berdoa keluarga gak pake lama yaaa…. Cukup untuk anak balita, paling lama 30 detik saja. Yang penting anak balita suka berdoa. Kalau mereka sudah kesal saat diajak doa, berarti doanya kurang menarik. Kan kita mau promosikan indahnya berdoa, jadi tolong buatlah suasana dan waktu doa menjadi waktu yang paling menyenangkan. Boleh juga dengan menyanyi singkat.

Contoh berdoa untuk balita
Tuhan Yesus, Adek mau tidur sama Papa-Mama, Adek percaya Tuhan Yesus dan malaikat-malaikat Tuhan selalu ada menjaga Adek sampai besok pagi. Berikan mimpi indah ya Tuhan. Amin.

Contoh doa makan
Tuhan Yesus, Adek mau makan. Berikan kesehatan pada Adek melalui makanan dan minuman ini. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Contoh doa syafaat
Tuhan Yesus, Adek berdoa buat Oma yang sakit. Sembuhkan dan temani Oma di tempat tidurnya ya Tuhan. Supaya Oma tetap semangat makan obatnya. Amin.

Selamat mencoba!•

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Pastoralia
  • Yesus yang Sulung
    Bapak Pendeta yang baik, Mohon pencerahan dari Bapak perihal kebangkitan orang mati. Dalam Kolose 1:18 dikatakan bahwa: Ialah kepala...
  • Kerajaan Surga vs Kerajaan Allah?
    Bapak Pendeta yang baik, 1. Apakah sebenarnya yang disebut dengan Kerajaan Allah itu? Samakah ia dengan Kerajaan Surga? Saya...
  • Tentang Hari Sabat
    Bapak Pendeta yang baik, Mohon pencerahan dari Bapak Pendeta atas kebingungan serta ketidakmengertian saya supaya iman dan ibadah saya...
  • YESUS, Allah Sejati Manusia Sejati?
    Bapak Pendeta yang baik, Mohon pencerahan dari Bapak arti pribadi Yesus yang Allah sepenuhnya dan manusia sepenuhnya (Allah 100%...