Gunakan Talenta Anda Sebaik-baiknya

Belum ada komentar 217 Views

Bacaan Hari ini:
1 Petrus 4:10 “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.”

Tuhan telah memberi Anda kemampuan, bakat, dan karunia unik.
Di Saddleback Church, kami mengatakan bahwa itu mewakili SHAPE (bentuk) seseorang :

S : Spriritual gift (Karunia Rohani),
H : Heart (Hati),
A : Abilities (Kemampuan),
P : Personality (Kepribadian), dan
E : Experience (Pengalaman).

Talenta-talenta ini adalah hal yang Tuhan telah berikan pada Anda yang menjadikan diri Anda dan yang membuat Anda berbeda dari orang lain

Bila Anda berpikir bahwa talenta Anda hanyalah sebagai alat Anda untuk menghasilkan banyak uang, kemudian pensiun dan mati, maka Anda telah melewatkan inti dari kehidupan Anda. Tuhan memberi orang lain talenta yang bermanfaat bagi Anda juga.

Di dalam tubuh Kristus, setiap bagiannya itu penting. Tak ada orang yang tidak penting di dalam keluarga Allah. Anda dibentuk untuk melayani Tuhan, dan Dia ingin melihat bagaimana Anda akan menggunakan talenta yang Dia berikan itu.

Baik Anda seorang musisi atau akuntan, guru atau juru masak, Tuhan memberi Anda kemampuan untuk melayani orang lain. Alkitab memberi tahu kita, “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah” (1 Petrus 4:10).

Anda adalah manajer dari karunia yang telah diberikan Tuhan kepada Anda. Karunia itu mungkin besar atau mungkin juga kecil di mata Anda, tetapi itu berharga buat Allah.

“Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai” (1 Korintus 4: 2).

Apakah Anda tengah menggunakan apa yang Ia berikan kepada Anda untuk kepentingan orang lain agar dunia ini menjadi tempat yang lebih baik? Atau apakah Anda hanya menggunakan bakat itu untuk memberi manfaat bagi diri Anda sendiri?

Jika Tuhan telah memberi Anda bakat, artinya Dia ingin Anda menggunakannya. Ini ibarat otot. Jika Anda menggunakannya, otot Anda akan tumbuh. Jika Anda tidak menggunakannya, otot Anda akan hilang. Jika Anda memiliki bakat tetapi takut menggunakannya, atau jika Anda malas dan tidak menggunakannya untuk memberi manfaat bagi orang lain, maka Anda akan kehilangannya.

Seperti perumpamaan tentang sepuluh talenta dalam Lukas 19, jika Anda tidak menggunakan apa yang Tuhan telah berikan kepada Anda, maka Ia akan mengambilnya dan memberikannya kepada orang lain yang mau menggunakannya.

Tetapi jika Anda menggunakan bakat Anda dengan bijak, Tuhan akan memberi Anda lebih banyak.

Jika Anda menggunakan waktu Anda dengan bijak, Tuhan akan memberi Anda lebih banyak waktu.
Jika Anda menggunakan tenaga Anda dengan bijak, Tuhan akan memberi Anda lebih banyak tenaga.
Jika Anda menggunakan pengaruh Anda dengan bijak, Tuhan akan meningkatkan pengaruh Anda.
Tuhan akan memberkati level kesetiaan Anda.

Renungkan hal ini:
– Mengapa penting untuk memahami bahwa tak ada seorang pun yang tidak penting dalam keluarga Allah?
– Bagaimana Anda mendapatkan manfaat dari orang lain dengan menggunakan karunia yang Tuhan beri untuk mereka? Jelaskan se-spesifik mungkin.
– Dalam hal apa Anda telah melihat Tuhan memberkati hidup Anda ketika Anda tumbuh lebih setia dalam menggunakan karunia, bakat, dan kemampuan Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 10-12; Efesus 4:17-32

Tuhan menganugerahkan Anda talenta untuk menguntungkan orang lain, bukan diri Anda sendiri,
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Renungan Harian
  • Sederhana Tetapi Menawan
    Yakobus 2:17-26
    Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. (Yak....
  • Saksi Iman
    Ibrani 11:17-22
    Karena iman maka Yusuf menjelang matinya memberitakan tentang keluarnya orang-orang Israel dan memberi pesan tentang tulang-belulangnya. (Ibr. 11:22) Kita...
  • Tulus Dan Bersih Hati
    Mazmur 73:1-20
    Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya. (Mzm. 73:1) Iri hati terhadap...
  • Bertekun Membangun Jembatan
    Ibrani 12:3-13
    Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan...
  • Meruntuhkan Tembok
    Amsal 8:32-9:6
    “Marilah, makanlah rotiku, dan minumlah anggur yang telah kucampur, buanglah kebodohan, maka kamu akan hidup, dan ikutilah jalan pengertian.”...