Christmas Carolling

Christmas Carolling

Belum ada komentar 73 Views

Bapak Pendeta Yth,

Di GKI Pondok Indah, beberapa tahun belakangan ada kegiatan Christmas Carolling pada bulan Desember. Kegiatan ini belum tentu dilaksanakan oleh gereja lain di luar GKI. Yang menjadi pertanyaan,

  1. Apakah kegiatan Carolling ini sama dengan kegiatan Perlawatan?
  2. Mohon dijelaskan sejarah Carolling, ada dan kapan itu dilaksanakan oleh GKI?

Atas pencerahannya, saya ucapkan terima kasih. (Joni)

Jawab:

Saudara Joni yang baik

Sebenarnya ‘carol’ sendiri artinya adalah ‘musik/hymn’, sehingga ‘Christmas Carolling’ arti harfiahnya adalah ‘menyanyikan lagu-lagu Natal’ yang bisa dilakukan di gereja pada waktu menjelang Natal. Beberapa gereja melakukannya pada malam Natal. Namun secara tradisi, Christmas Carolling adalah kegiatan sekelompok orang/anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu Natal dari rumah ke rumah. Tujuannya, selain mengenang Natal, juga berbagi sukacita Natal melalui kegiatan tersebut. Tidak jelas kapan tradisi ini dimulai, yang jelas ‘Christmas Carolling’ adalah sebuah tradisi yang sangat lama di Eropa.

GKI tidak secara spesifik mengadopsi tradisi ini, tetapi jika ada gereja GKI yang melakukannya, tentu bisa saja. Nah, bagaimana dengan kegiatan Christmas Carolling di GKIPI? Apakah itu semacam kegiatan perlawatan? Menurut pemahaman saya, kegiatan Christmas Carolling yang dilakukan di GKIPI adalah semacam kegiatan perlawatan, karena itu koordinatornya—setahu saya—adalah Komisi Perlawatan. Tujuannya adalah berbagi sukacita Natal kepada mereka yang lanjut usia dan sakit. Lagu-lagu yang dinyanyikan sebagian besar adalah lagu-lagu Natal, tetapi juga bisa lagu yang lain.

Memang Christmas Carolling di GKIPI tidak persis sama seperti tradisi yang dilakukan di Eropa, tetapi tampaknya kegiatan ini diterima oleh jemaat yang dilawat dan keluarganya sebagai kegiatan yang baik. Karena itulah kegiatan ‘Christmas Carolling’ lalu menjadi program yang rutin dilakukan pada minggu-minggu menjelang Natal.

Demikian penjelasan saya… semoga membantu untuk memahami kegiatan Christmas Carolling di GKIPI.

» PDT. RUDIANTO DJAJAKARTIKA

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Pastoralia