Mengusir roh jahat

Mengusir roh jahat

2 Komentar 27 Views

Saya pernah mendengar bahwa pada suatu ibadah di gereja tertentu, ketika pendeta berdoa untuk mengusir roh-roh jahat, beberapa orang jemaat tiba-tiba terjatuh, dan bahkan ada juga tiba-tiba mengaum keras seperti harimau atau melata seperti ular di tanah, yang konon merupakan manifestasi dari roh-roh jahat yang menghuni tubuh mereka. Peristiwa seperti itu tidak saya baca di Alkitab dan rasanya dulu juga tidak pernah ada, dan sampai sekarang juga tidak terjadi di gereja kita (puji Tuhan, karena saya pasti akan takut melihatnya!). Apakah kuasa Tuhan memang dinyatakan dengan lebih jelas di gereja tersebut? Terima kasih atas jawaban Pak Pendeta.

(Bayu)

Jawab:

Saudara Bayu yang baik,

Saya tidak dalam kapasitas untuk menilai apa yang terjadi di jemaat lain. Tetapi mengkaitkan fenomena tertentu (apa pun bentuknya) dengan kuasa Tuhan, saya kira tidaklah tepat. Mengapa demikian? Karena di dalam Alkitab disaksikan, bahwa Tuhan (dan kuasa-Nya) itu muncul dalam berbagai macam fenomena yang banyak sekali ragamnya. Sebagai contoh, penampakan Tuhan di Sinai diikuti oleh fenomena guruh, kilat dan awan (Kel. 19:16) namun ketika Tuhan menyapa Elia, maka fenomena yang menyertainya hanyalah angin sepoi-sepoi basa (1 Raja 19:12). Yang paling menarik adalah penampakan Tuhan melalui Yesus Kristus. Tidak ada yang istimewa di sana, sebuah pengosongan diri yang sempurna. Tetapi justru di situlah kita boleh melihat kehadiran Allah (dan kuasa-Nya) secara penuh, karena di dalam Kristus berdiam seluruh kepenuhan Allah (Kol. 1:19).

Oleh karena itu, daripada memikirkan apa yang terjadi di jemaat lain, lebih baik kita meyakini Firman-Nya, bila dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama Tuhan maka Kristus (dan kuasa-Nya) akan hadir, tidak ada yang lebih atau kurang (Mat. 18:20).

2 Comments

  1. Adhi

    Hallo Sdr. Bayu,

    Di Alkitab yang saya tahu ada cerita mengenai orang muda yang dirasuk Syaitan. Waktu diusir anak muda itu dibanting-banting tapi sesudah itu Syaitan keluar.

    Mungkin ini dapat dipakai sebagai bahan pemikiran lebih lanjut.

    Syaloom,
    Adhi

  2. Victory

    Syalom, Puji Tuhan.. semoga ayat dari Firman Tuhan ini bisa membantu sdra Bayu :

    P. Baru: Markus: 9
    9:18 Dan setiap kali roh itu menyerang dia, roh itu membantingkannya ke tanah; lalu mulutnya berbusa, giginya bekertakan dan tubuhnya menjadi kejang.

    Apa yang terjadi sekarang sama seperti yang terjadi dahulu..

    Sdra Bayu jangan takut dengan hal seperti itu, karena salah satu celah setan untuk menyesatkan manusia adalah dengan menggunakan rasa takut kpd mereka.. andalkan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari..
    Tuhan Yesus Memberkati.

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Pastoralia
  • Persembahan Bagi Tuhan
    Yth. Pak Pendeta, Mengapakah ragi dan madu dilarang digunakan bangsa Israel pada saat membakar hewan-hewan korban di Kemah Suci,...
  • upacara gereja
  • Kerajaan Maut
    Samakah Arti Neraka dan Kerajaan Maut?
    Pak Pendeta yang budiman, Mohon pencerahan mengenai beberapa hal: Samakah arti Neraka dan Kerajaan Maut; dan siapakah yang menciptakannya,...
  • ALLAH Sang Sutradara?
    Bapak Pendeta Yth. Saya sedang membaca kitab Yehezkiel dan di sana terdapat banyak segala nubuatan, baik bagi bangsa Israel,...
  • Manusia Purba
    Pak Pdt. yang baik, Bolehkah saya meminta penjelasan tentang pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, yang mengusik hati saya: Siapakah manusia...
Kegiatan