Malaikat dan Iblis

Malaikat dan Iblis

1 Komentar 11 Views

Pak Pdt. Rudianto Djajakartika Yth.

Setelah membaca beberapa kali Alkitab kita dan kemudian mendengarkan berbagai khotbah para gembala gereja maka ada hal yang masih mengganjal dalam pikiran saya sampai sekarang ini, yaitu tentang malaikat. Siapa penciptanya, kapan mereka diciptakan dan di mana mereka bermukim.

Pertanyaan yang serupa juga: yaitu tentang Iblis. Sekian, terima kasih Tuhan memberkati.

R. Sihite/ angg. Mannen Koor

Jawab:

Pak Sihite yang baik,

Alkitab bukanlah kitab tentang Malaikat atau Iblis. Melainkan kitab tentang keselamatan yang Allah berikan kepada manusia melalui karya pengorbanan Yesus Kristus. Karena itu, yang dibicarakan secara rinci adalah karya keselamatan Allah melalui Kristus. Malaikat atau Iblis disinggung dalam Alkitab hanya dalam kaitannya dengan keselamatan yang Allah berikan melalui Kristus.

Karena itu, memang sulit mendapatkan jawaban rinci tentang Malaikat atau Iblis, namun ada beberapa kesaksian Alkitab yang semoga bisa menjadi jawaban atas kerisauan Bapak.

  1. Alkitab menyaksikan bahwa Allah adalah pencipta segala sesuatu, baik yang ada di sorga maupun di bumi (Kol. 1:16). Berangkat dari kesaksian tersebut, dapatlah kita simpulkan bahwa malaikat itu diciptakan oleh Allah. Sedangkan Iblis tidak terlalu jelas asal-usulnya, tetapi beberapa orang meyakini berdasarkan kesaksian kitab Wahyu, bahwa ia adalah malaikat yang memberontak dan kemudian diusir dari Sorga (Wahyu 12:7-9).
  2. Kapankah mereka diciptakan? Alkitab tidak menyebut waktu yang tepat mengenai penciptaan mereka.
  3. Di mana mereka bermukim? Karena Malaikat itu melayani Allah, mestinya mereka diam bersama dengan Allah, sedangkan karena Iblis itu melawan Allah, maka mestinya ia diam tidak bersama Allah.

Ya, itulah jawaban yang bisa saya berikan. Semoga bisa sedikit mengurangi kerisauan Bapak.

1 Comment

  1. lukas budi diah

    karena saya tidak mungkin menjadi malaikat, dan tidak suka menjadi iblis lalu ………..
    ah, ngapain ya mikir tentang hal tersebut …… !!! Mending mikir bagaimana caranya bisa meraih dan menperoleh keselamatan yang sudah Allah tawarkan kepada kita melalui pengorbanan Yesus Kristus di atas kayu salib.

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Pastoralia
  • Kerajaan Maut
    Anugerah Keselamatan
    Pak Pendeta yang budiman, Saya sudah termasuk lansia dan dibaptis sekian puluh tahun yang lalu. Buku pedoman katekisasi yang...
  • upacara gereja
  • Kerajaan Maut
    Samakah Arti Neraka dan Kerajaan Maut?
    Pak Pendeta yang budiman, Mohon pencerahan mengenai beberapa hal: Samakah arti Neraka dan Kerajaan Maut; dan siapakah yang menciptakannya,...
  • ALLAH Sang Sutradara?
    Bapak Pendeta Yth. Saya sedang membaca kitab Yehezkiel dan di sana terdapat banyak segala nubuatan, baik bagi bangsa Israel,...
  • Manusia Purba
    Pak Pdt. yang baik, Bolehkah saya meminta penjelasan tentang pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, yang mengusik hati saya: Siapakah manusia...
Kegiatan