Dijadikan Tumbal Pesugihan

Dijadikan Tumbal Pesugihan

1 Komentar 438 Views

Pak Pendeta,

Seorang teman saya bercerita bahwa tanpa sepengetahuannya, iparnya telah meminta pesugihan kepada Ratu Gunung Kidul dengan menyertakan seluruh keluarganya dan teman saya itu sebagai tumbal atas jasa pesugihan tersebut. Padahal, teman saya itu Kristen dan sangat yakin bahwa ia sudah diselamatkan oleh darah pengorbanan Yesus di kayu salib.

Pertanyaannya, apakah mungkin teman saya menjadi tumbal karena ia sudah milik Kristus? Terima kasih atas jawaban Bapak.

(ws)

Jawab:

Saudara WS yang baik,

Susah juga ya kalau orang lain tiba-tiba memasukkan kita sebagai tumbal pesugihannya. Bukankah kita tidak bisa mengatur perilaku orang lain? Tetapi jangan takut. Kalaupun hal itu terjadi, maka sebagai anak Tuhan, hidup kita dijamin oleh-Nya. Ada banyak ayat dalam Alkitab yang memberikan jaminan bahwa Tuhan akan menjaga kita. Salah satunya adalah: Yohanes 10:27-29.

Ayat ini dimulai dengan penjelasan mengenai relasi kita (selaku domba gembalaan Tuhan) dengan Gembala yang baik, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Sebuah relasi yang sangat akrab. Kita mendengar dan mengikut Tuhan, dan Gembala yang baik itu sungguh mengenal kita (ayat 27). Apa yang terjadi dengan kita, bahkan apa pun yang menjadi pergumulan hidup kita, Tuhan tahu. Karena itu kita boleh mempercayakan semua pergumulan kita kepada-Nya.

Kemudian diberikan sebuah janji kepada kita. Dalam relasi yang akrab itu, Sang Gembala yang baik memberikan hidup kekal kepada kita. Yang menarik, dalam janji itu juga disebutkan: DAN SEORANG PUN TIDAK AKAN MEREBUT MEREKA DARI TANGANKU (ayat 28). Kalau janji Tuhan seperti ini, masihkah kita takut dijadikan tumbal pesugihan oleh orang lain? Hidup kita sungguh terjaga di tangan sang Gembala Agung, siapa yang dapat merebutnya?

Kemudian ayat ini ditutup dengan satu alasan, mengapa hidup kita terjamin di tangan Tuhan. Sebab BAPAKU LEBIH BESAR DARI PADA SIAPA PUN (ayat 29). Luar biasa! Kita ada di tangan Gembala Agung kita dan di tangan Bapa di Sorga. Siapa yang dapat merebut kita? Dia jauh lebih besar dari siapa pun, Dialah sang Pencipta dan Yang Maha Kuasa! Mampukah setan-setan pesugihan itu merebut kita? Hidup kita sungguh terjamin. Jangan takut!

Jadi, sepanjang teman Anda itu adalah domba yang mendengar suara Tuhan dan mengikuti-Nya, hidupnya terjamin, meskipun sekiranya benar, dia sudah dijadikan tumbal pesugihan oleh iparnya. Silakan meneruskan berita sukacita ini kepada teman Anda dan kepada siapa pun yang tengah mengalami ketakutan dalam hidupnya.

– Pdt. Rudianto Djajakartika

1 Comment

  1. siti sundari

    PujiTuhan solusi ini sangat membantu untuk menguatkan Iman kita untuk percaya sepenuhnya kepada kuasa Tuhan dan dapat membuang rasa kebimbangan ini .kalau menurut saya Tuhan Yesus itu sangat baik Dia adalah sahabat yg sejati dan setia.sebaiknya buat orang yang masih kwatir atau masih ragu-ragu dengan kuasa Tuhan sebaiknya banyak lah bersekutu kepada Tuhan belajar berserah saya jamin Tuhan akan menjamah semua doa yang kita panjat kan karena Tuhan kita Tuhan yang hidup.

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Pastoralia
  • Kerajaan Maut
    Anugerah Keselamatan
    Pak Pendeta yang budiman, Saya sudah termasuk lansia dan dibaptis sekian puluh tahun yang lalu. Buku pedoman katekisasi yang...
  • upacara gereja
  • Kerajaan Maut
    Samakah Arti Neraka dan Kerajaan Maut?
    Pak Pendeta yang budiman, Mohon pencerahan mengenai beberapa hal: Samakah arti Neraka dan Kerajaan Maut; dan siapakah yang menciptakannya,...
  • ALLAH Sang Sutradara?
    Bapak Pendeta Yth. Saya sedang membaca kitab Yehezkiel dan di sana terdapat banyak segala nubuatan, baik bagi bangsa Israel,...
  • Manusia Purba
    Pak Pdt. yang baik, Bolehkah saya meminta penjelasan tentang pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, yang mengusik hati saya: Siapakah manusia...
Kegiatan