Pembinaan itu Penting untuk Pertumbuhan Rohani

Belum ada komentar 20 Views

Bacaan Hari ini:
2 Timotius 2: 2 “Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.”

Setiap orang Kristen butuh seorang Paulus dan Timotius.

“Paulus” yang dimaksud di sini ialah seseorang yang telah menjadi orang Kristen lebih lama dari Anda dan yang membantu mengajarkan Anda dan memotivasi Anda. Orang tersebut mungkin hanya satu bulan lebih tua dari Anda, tapi mungkin sudah berjalan bersama Tuhan lebih lama dari Anda, lebih dewasa secara rohani, dan yang bisa membimbing Anda.

Sedangkan “Timotius” adalah seseorang yang belum selama Anda menjadi orang Kristen yang Anda bantu bangun imannya.
Anda memberikan dorongan dan pemuridan kepada orang tersebut ketika dia tumbuh di dalam Tuhan.

Anda memiliki seorang Paulus dan Timotius dalam hidup Anda.
Tetapi Anda juga menjadi seorang Paulus dan Timotius bagi orang lain.

Dalam 2 Timotius, Paulus mengatakan ini kepada Timotius, “Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain” (2 Timotius 2: 2).

Kita melihat empat generasi dalam ayat tersebut. Paulus berkata kepada Timotius bahwa ia telah membantu Timotius dengan menjadi mentornya, artinya Paulus membimbingnya menuju kedewasaan rohani. Selanjutnya giliran Timotius untuk menemukan seseorang untuk ia bimbing, dan sehingga kemudian orang tersebut dapat menemukan orang lain untuk ia bimbing.

Jangan terintimidasi oleh kata “membimbing.” Membimbing itu semudah mengajak seseorang sarapan sekali sebulan dan menanyakan kabar mereka. Anda hanya perlu menjadi seorang teman. Dengarkan, dorong, dan doakan orang tersebut. Anda tidak perlu menjadi orang “Kristen yang sempurna” untuk melakukan ini. Anda hanya perlu bersedia melakukannya.

Untuk dapat sepenuhnya menjalani panggilan Tuhan dalam hidup Anda, maka Anda membutuhkan orang lain.

Anda akan tumbuh sebagai seorang murid yang seutuhnya ketika Anda belajar dari orang percaya lain yang lebih dewasa dari Anda dan ketika Anda berbagi hikmat dan pengalaman Anda kepada orang percaya yang lebih muda dari Anda dalam hal Kekristenan.

Renungkan hal ini:
– Apakah Anda pernah dibimbing oleh seseorang? Apa hal dalam hubungan tersebut yang paling memengaruhi Anda?
– Jika Anda tidak memiliki Timotius dalam hidup Anda, apa saja cara yang Anda dapat gunakan untuk mencari seseorang yang ingin dibimbing?
– Mengapa pengikut Yesus perlu membantu membina murid-murid yang nantinya akan berbuah lebih banyak murid?

Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkotbah 5-7; Galatia 2

Regenerasi khususnya untuk keberadaan kehidupan yang dewasa rohani sangat penting bagi kelangsungan ajaran Kristus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Renungan Harian
  • Dalam Naungan Sayapmu
    Mazmur 63:1-8
    … sungguh Engkau telah menjadi pertolonganku, dan dalam naungan sayap-Mu aku bersorak-sorai. (Mzm. 63:8) Sebuah video dari Viralhog ramai...
  • Keinginan Berkuasa
    Bilangan 12:1-9
    “Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?” (Bil. 12:8) Friedrich Wilhelm Nietzsche (1844-1900) mengatakan bahwa keinginan paling kuat dalam...
  • Kehadiran Tuhan Setiap Saat
    Keluaran 40:34-38
    Sebab awan TUHAN itu ada di atas Kemah Suci pada siang hari, dan pada malam hari ada api di...
  • Baik Ini Maupun Itu
    Matius 22:15-22
    “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada...
  • Tinggikanlah Tuhan
    Mazmur 99
    Tinggikanlah TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah di hadapan gunung-Nya yang kudus! Sebab kuduslah TUHAN, Allah kita! (Mzm. 99:9)...
Kegiatan