Menghindari Menoleh ke Belakang

Belum ada komentar 11 Views

Bacaan Hari ini:
Ayub 11:13, 15-16 “Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu.”

Anda tak dapat menyembuhkan luka yang sudah menjalar dan yang berbahaya dalam hidup Anda, jika Anda fokus pada masa lalu. Untuk dapat mengalahkannya, Anda harus melihat ke depan.

Apakah Anda mencoba mencari kesembuhan luka dengan melihat ke kaca spion Anda? Jika Anda masih melakukan hal tersebut, kemungkinan besar Anda akan jatuh, ketimbang sembuh. Fokus pada luka masa lalu untuk mengharapkan Anda mencari kesembuhan tidak akan membimbing Anda ke arah yang benar.

Dalam kisah Ayub, kita belajar cara menyingkirkan ingatan yang menyakitkan, dan melanjutkan hidup, “Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu” (Ayub 11:13, 15-16).

Pertama, tetapkan hati Anda pada kebenaran.
Lakukan apa yang benar— terlepas dari apa pun yang dilakukan orang lain terhadap Anda. Pengampunan selalu merupakan pilihan yang tepat.

Kedua, datang kepada Tuhan.
Undanglah Yesus masuk ke setiap “ruangan” dalam rumah hati Anda. Anda mungkin telah mengundang Dia masuk ke ruang tamu Anda (menerima Yesus sebagai Juruselamat Anda) tetapi tidak ke ruangan lainnya di dalam hati Anda.

Ketiga, hadapi kembali dunia.
Janganlah bersembunyi di dalam tempurung atau menarik diri agar tidak terluka lagi. Melangkahlah maju. Belajarlah untuk hidup kembali.

Apa pun yang telah Anda perbuat, dengan siapa pun Anda melakukannya, atau sudah berapa pun lamanya Anda melakukannya, di seluruh Alkitab mengatakan bahwa Allah mengampuni pembunuh, pezinah, dan pemalas, dan Dia memakai mereka untuk melakukan pekerjaan-Nya di dunia.

Anda juga punya masa depan yang hebat yang tengah menanti Anda. Tetapkan hati Anda pada kebenaran, datang kepada Tuhan, dan hadapi kembali dunia ini.

Dan kemudian, biarkan Tuhan melakukan sesuatu yang luar biasa melalui Anda.

Renungkan hal ini:
– Siapa seseorang (atau orang-orang) yang perlu Anda maafkan agar Anda dapat “meluruskan hati Anda”?
– Ketika Anda datang kepada Tuhan untuk meminta penyembuhan, “ruangan-ruangan” apa di dalam rumah hati Anda di mana Anda harus mengundang Yesus masuk?
– Bagaimana Anda “bersembunyi di dalam tempurung” ketika berhadapan dengan luka dalam hidup Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 1-3; Efesus 2

Masa lalu Anda bukanlah masa depan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Renungan Harian
  • Menjadi Batu Yang Hidup
    1 Petrus 2:4–10
    Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani …. (1Pet. 2:5) Alkitab memakai banyak...
  • Iman Adalah Anugerah Allah
    Yohanes 12:36–43
    … meskipun Yesus mengadakan begitu banyak mujizat di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya kepada-Nya …. (Yoh. 12:37)...
  • Iman Abraham Diuji
    Kejadian 22:1–19
    Karena iman maka Abraham … rela mempersembahkan anaknya yang tunggal …. (Ibr. 11:17) Sesudah Ishak agak besar, Allah menyuruh...
  • Allah Yang Suka Humor
    Kejadian 21:1–7
    “Allah telah membuat aku tertawa; setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku.” (Kej. 21:6) Gus Dur —mantan presiden...
  • Syarat Mengikut Yesus
    Markus 8:31-38
    “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. (Mrk. 8:34) Syarat adalah...