Malaikat dan Iblis

1 Komentar 71 Views

Pak Pdt. Rudianto Djajakartika Yth.

Setelah membaca beberapa kali Alkitab kita dan kemudian mendengarkan berbagai khotbah para gembala gereja maka ada hal yang masih mengganjal dalam pikiran saya sampai sekarang ini, yaitu tentang malaikat. Siapa penciptanya, kapan mereka diciptakan dan di mana mereka bermukim.

Pertanyaan yang serupa juga: yaitu tentang Iblis. Sekian, terima kasih Tuhan memberkati.

R. Sihite/ angg. Mannen Koor

Jawab:

Pak Sihite yang baik,

Alkitab bukanlah kitab tentang Malaikat atau Iblis. Melainkan kitab tentang keselamatan yang Allah berikan kepada manusia melalui karya pengorbanan Yesus Kristus. Karena itu, yang dibicarakan secara rinci adalah karya keselamatan Allah melalui Kristus. Malaikat atau Iblis disinggung dalam Alkitab hanya dalam kaitannya dengan keselamatan yang Allah berikan melalui Kristus.

Karena itu, memang sulit mendapatkan jawaban rinci tentang Malaikat atau Iblis, namun ada beberapa kesaksian Alkitab yang semoga bisa menjadi jawaban atas kerisauan Bapak.

  1. Alkitab menyaksikan bahwa Allah adalah pencipta segala sesuatu, baik yang ada di sorga maupun di bumi (Kol. 1:16). Berangkat dari kesaksian tersebut, dapatlah kita simpulkan bahwa malaikat itu diciptakan oleh Allah. Sedangkan Iblis tidak terlalu jelas asal-usulnya, tetapi beberapa orang meyakini berdasarkan kesaksian kitab Wahyu, bahwa ia adalah malaikat yang memberontak dan kemudian diusir dari Sorga (Wahyu 12:7-9).
  2. Kapankah mereka diciptakan? Alkitab tidak menyebut waktu yang tepat mengenai penciptaan mereka.
  3. Di mana mereka bermukim? Karena Malaikat itu melayani Allah, mestinya mereka diam bersama dengan Allah, sedangkan karena Iblis itu melawan Allah, maka mestinya ia diam tidak bersama Allah.

Ya, itulah jawaban yang bisa saya berikan. Semoga bisa sedikit mengurangi kerisauan Bapak.

1 Comment

  1. lukas budi diah

    karena saya tidak mungkin menjadi malaikat, dan tidak suka menjadi iblis lalu ………..
    ah, ngapain ya mikir tentang hal tersebut …… !!! Mending mikir bagaimana caranya bisa meraih dan menperoleh keselamatan yang sudah Allah tawarkan kepada kita melalui pengorbanan Yesus Kristus di atas kayu salib.

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Pastoralia
  • KAMI BERTANYA
    KAKAK PENDETA MENJAWAB
    Kak, kenapa kalau saya disuruh ikut doa sama papa mama kok ngantuk terus nggak konsentrasi, apalagi kalau doanya lama?...
  • Yesus yang Sulung
    Bapak Pendeta yang baik, Mohon pencerahan dari Bapak perihal kebangkitan orang mati. Dalam Kolose 1:18 dikatakan bahwa: Ialah kepala...
  • Kerajaan Surga vs Kerajaan Allah?
    Bapak Pendeta yang baik, 1. Apakah sebenarnya yang disebut dengan Kerajaan Allah itu? Samakah ia dengan Kerajaan Surga? Saya...
  • Tentang Hari Sabat
    Bapak Pendeta yang baik, Mohon pencerahan dari Bapak Pendeta atas kebingungan serta ketidakmengertian saya supaya iman dan ibadah saya...