Prokantor, Kantoria dan  Pemandu Jemaat

Prokantor, Kantoria dan Pemandu Jemaat

1 Komentar 2125 Views

Perkembangan musik gereja saat ini tidak terlepas dari banyak faktor yang terkait di dalamnya. Salah satunya adalah keberadaan kelompok penyanyi yang berfungsi memimpin nyanyian jemaat. Kelompok tersebut sering disebut dengan berbagai macam istilah seperti prokantor atau kantoria. Penggunaan istilah ini sering kali membingungkan jemaat dalam memahami arti dan fungsi dari istilah tersebut. Untuk itu, perlu ada sebuah penjelasan tentang istilah prokantor, kantoria.

Berikut adalah penjelasan tentang istilah prokantor, kantoria dan pemandu jemaat. Dimulai dengan istilah cantorship yang merupakan dasar dari prokantor dan kantoria.

Cantorship
Cantorship adalah kemampuan untuk memimpin nyanyian jemaat dengan lengkap. Baik untuk memimpin kelompok kecil, besar, tua dan muda mulai dari kebaktian anak sampai kebaktian lansia. Tanpa atau dengan paduan suara, tanpa atau dengan instrumen, dengan segala macam gaya dan bentuk. Orang yang memiliki kemampuan ini disebut prokantor.

Apa saja yang termasuk kriteriaseorang prokantor?
Seorang prokantor adalah orang yang dapat memimpin, memandu, menolong jemaat untuk dapat menyanyikan nyanyian jemaat dengan baik dan benar.

Seorang prokantor harus dapat memberikan teladan ketika ia berada di depan sebagai pelayan yang memimpin pujian dan ketika ia melatih jemaat untuk menyanyikan lagu-lagu jemaat. Kehadirannya dalam ibadah jemaat harus memberikan dorongan supaya jemaat yang tidak bisa atau yang belum dapat menyanyi dengan baik dan benar, dibimbing tanpa merasa tertekan karena dominasi suara prokantor.

Definisi Pelayanan Prokantor
Pelayanan pemimpin pujian adalah untuk membawa lagu jemaat pada kehidupan dan menolong jemaat agar lagu-lagu tersebut dapat merupakan doa, sama baiknya dari hati maupun akal budi. Dari buku “The Perish Cantor” karya Michael Connollytori

Selanjutnya, apakah yang dimaksud dengan kantoria?
Kantoria berasal dari bahasa Latin cantare yang artinya menyanyi. Sedangkan orang yang menyanyi, dalam bahasa Latin dikenal dengan istilah cantor. Pada akhir tahun 90-an, istilah ini semakin berkembang dan dibuat terjemahan dalam bahasa Indonesia yaitu kantoria.

Kantoria terdiri atas kelompok penyanyi yang dipimpin oleh seorang prokantor. Jumlah ideal kantoria adalah 10% dari jumlah jemaat, namun bisa saja paduan suara yang bertugas, berfungsi sebagai kantoria.

Tugas Seorang Prokantor dan Tim-nya (Kantoria):

  • Memperkenalkan dan mengajarkan lagu baru kepada jemaat;
  • Menyanyikan lagu bersama jemaat dengan cara yang benar dan tepat;
  • Memperbaiki cara menyanyikan lagu yang salah, secara langsung atau tidak langsung (jika ternyata lagu tersebut selama ini sudah salah dinyanyikan oleh jemaat);
  • Secara bergantian dapat menyanyikan satu lagu jemaat yang “utuh” dengan berbagai kemungkinan keterlibatan, antara lain: menyanyi secara alternatim (bergilir-ganti) dengan jemaat dan paduan suara, dan lain-lain;
  • Dapat menolong kelangsungan ibadah yang baik dengan melakukan kreativitas lain, misalnya dengan menambahkan gerakan dan tarian (dance and movement in liturgy). atau menyajikan nyanyian persembahan dengan gerak koreografi yang sesuai.

Hal-hal tersebut di atas dapat dilakukan oleh seorang prokantor dengan dukungan kantoria, paduan suara dan para pemain musik.

Paduan Suara
Paduan suara adalah bagian dari tim prokantor yang bisa berfungsi sebagai kantoria atau hanya sebagai kelompok paduan suara yang menyanyikan bagian lagu paduan suara saja.

Apabila tidak ada tim kantoria, maka sebaiknya tugas untuk memandu nyanyian jemaat dilakukan oleh paduan suara yang dipimpin oleh seorang prokantor.

Dari penjelasan di atas maka dapat dikatakan bahwa pada dasarnya prokantor dan kantoria merupakan satu kesatuan. Tidak ada prokantor tanpa kantoria dan juga sebaliknya.

Demikan tulisan ini dibuat untuk membantu jemaat dalam memahami arti dan fungsi dari istilah prokantor dan kantoria.

Steven Ananta

Note:
–    Tulisan ini dikutip dari makalah seminar musik gerejawi oleh Gracia Leonora Simanjuntak
–    Internet: christinamandang.multiply.com/…/Prokantor_dan_Kantoria

1 Comment

  1. Johana

    Trims atas tulisan ini. bolehkan tulisan ini dishare dalam facebook gereja?
    trims sebelumnya. Tuhan berkati.

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Madah
Kegiatan