Hati yang Sombong Menentang Tuhan

Belum ada komentar 6 Views

Bacaan Hari ini:
Yakobus 4: 6-7 “Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!”

Seringkali kita membuat rencana tanpa berkonsultasi dengan Tuhan. Lalu kita berdoa dan meminta Dia memberkati rencana kita itu meski kita tidak meminta Dia untuk ambil bagian di dalamnya.

Kita hanya berasumsi bahwa rencana kita itu adalah kehendak-Nya. Kemudian, ketika rencana kita itu tidak terjadi sesuai dengan jadwal yang kita inginkan, atau malah tidak terjadi sama sekali, kita menjadi marah kepada Tuhan. Itu yang disebut kesombongan, dan Tuhan membenci kesombongan.

Mungkin ada banyak orang yang tidak ingin Anda tentang, tetapi percayalah bahwa Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar tidak ingin ditentang oleh Tuhan. Karena tidak mungkin Anda akan memenangkan pertentangan itu.
Ketika Anda menyombongkan diri, Alkitab mengatakan Anda menentang Allah pada saat itu juga. Bahkan Anda berlaku sebagai musuh Tuhan setiap kali Anda menyombongkan diri sendiri.

Begitulah betapa seriusnya hal ini. Lalu, apa artinya menyerahkan diri Anda dan rencana Anda kepada Tuhan?

Roma 6:13 mengatakan, “Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.”

Berserah berarti berkata, “Ya Tuhan, aku ikut rencana-Mu untuk hidupku, bukan ikut rencanaku. Aku punya rencana, aku punya impian, aku punya cita-cita, aku punya ambisi, tapi aku tahu bahwa Engkau menempatkanku di bumi ini untuk suatu tujuan, dan aku mengambil keputusan untuk ikut rencana-Mu untuk hidupku, bukan ikut rencanaku.”

Renungkan hal ini: 
– Area-area apa dalam hidup Anda yang harus Anda serahkan kepada Tuhan? 
– Bagaimana hasrat Anda untuk mengendalikan area tertentu dalam kehidupan Anda mengungkapkan tentang kesombongan diri Anda?
– Menurut Anda mengapa Allah membenci kesombongan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 77-78; Roma 10

Berserah kepada Tuhan merupakan jalan terbaik menuju kesuksesan karena alih-alih Dia yang menjadi bagian dari rencana Anda, Dia yang menjadikan Anda bagian dari rencana-Nya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Renungan Harian
  • Iman Ibranik
    Adventus 2019, Hari Enam Belas
    Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani itu, yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan...
  • Jiwa Yang Haus
    Mazmur 42
    Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah? (Mzm. 42:3) Sekitar 70% dari...
  • Resiliensi
    Adventus 2019, Hari Kelima Belas
    “Unless your faith is firm, I cannot make you stand firm.” (Isa. 7:9b; NLT) Apa yang kita alami sesungguhnya...
  • Iman Yang Kritis
    Matius 11:2-11
    “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari...
  • Popok Bau Seorang Imam
    Adventus 2019, Hari Keempat Belas
    Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan...
Kegiatan