Berpaling Kepada Kehidupan

Berpaling Kepada Kehidupan

Belum ada komentar 8 Views

Saat Maria berlari meninggalkan kubur, pesan yang hendak disampaikannya kepada para murid adalah, “Yesus hilang!”  (ayat 2 mengatakan, “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu dimana Ia diletakkan!”).  Tampak sekali bahwa pesan itu menunjukkan sebuah kebingungan, sebuah ketakutan atau sebuah ketidakmengertian setelah Maria melihat kubur kosong.

Respon kedua yang dilakukan Maria saat kembali ke kubur kosong, Maria menangis tanpa pengharapan. Dukanya sangat mendalam sehingga saat malaikat maupun Yesus datang menemuinya, hati Maria tetap memandang kubur kosong dengan perasaan duka tanpa pengharapan.

Barulah setelah Yesus memanggil namanya, Maria tampak terbangun dari tidur rohaninya sehingga ia tersentak. Maria baru menyadari bahwa Yesus tidak hilang, melainkan ada di dekatnya.  Yang menarik, ada 2 tindakan yang Maria lakukan dengan respon berbeda.

Pertama, Maria menoleh ke belakang (ayat 14) saat Yesus memanggilnya. Namun Maria tetap berduka. Kedua, Maria berpaling (ayat 16) saat Yesus memanggil namanya dan segera ingin menggapai Yesus.

Apa yang membuat Maria berpaling dari keputusasaan kepada kehidupan? Secara hurufiah, panggilan Yesus kepada Maria.  Di ayat 13, Yesus menggunakan kata “Ibu” sedangkan di ayat 16, Yesus memanggil nama “Maria”secara pribadi.

Di hari Paska ini, sudahkah anda mendengar suara Yesus memanggil anda dan keluarga secara pribadi? Sehingga se-“kosong” apapun jalan di depan kita, kita tetap tegar dan dapat mengatakan, “Aku telah melihat Tuhan!” Selamat Paska!

[Riajos]

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Khotbah Minggu
  • menghitung hari
    Menghitung Hari
    Mazmur 90:1-12
    Kehidupan di perkotaan penuh dengan rutinitas. Rutinisme menjadi sebuah bagian kehidupan kebanyakan orang. Memaknai hari bukanlah hal yang mudah...
  • Berjaga-jagalah
    Matius 25:1-13
    “Santai aja, bro!”, celoteh seorang kawan. Tak apa lah. Tugas masih jauh dari dateline. “Sekarang kita happy happy dululah!”,...
  • Praktik Keagamaan yang Koruptif
    Korupsi adalah praktik yang menguntungkan diri sendiri dengan cara memanipulasi secara negatif sebuah hal. Memang, di Indonesia, terminologi korupsi...
  • Sekolah Kehidupan: Tuhanku, Rajaku!
    Mazmur 96:10a
    Katakanlah di antara bangsa-bangsa: “Tuhan itu Raja!” Apa yang mengendalikan hidup kita setiap hari? Kita bisa dikendalikan oleh agenda...
Kegiatan