KESETIAAN DALAM BERJAGA-JAGA

Belum ada komentar 83 Views

Teks Matius 25:1-13 adalah perumpamaan Yesus tentang sepuluh gadis dalam pernikahan. Dalam kisah ini, ada lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh yang membawa lampu untuk menyambut pengantin lelaki. Ini adalah perumpamaan tentang kesiapan dan pengharapan Kristen terhadap kedatangan Kristus kembali.

Gadis bijaksana mewakili orang-orang yang siap, memiliki persediaan minyak (iman dan ketaatan) yang cukup untuk menghadapi masa tunggu yang tak pasti. Gadis bodoh, sebaliknya, kurang persiapan dan tidak siap menghadapi keterlambatan pengantin lelaki.

Renungan kita harus fokus pada persiapan diri kita. Kehidupan Kristen tidak hanya tentang kehadiran gereja dan kehidupan sehari-hari yang berjalan lancar, tetapi juga tentang siap menghadapi tantangan dan krisis yang datang dalam hidup kita. Kita harus memiliki kekuatan iman dan tekad untuk bertahan dalam ke-tidak-tahuan kita.

Kisah ini juga mengingatkan kita untuk tidak menunda-nunda pertobatan dan kesiapan kita. Kedatangan Tuhan mungkin tidak terjadi sesuai rencana kita, tetapi kita harus selalu siap. Kita harus senantiasa menjaga hubungan kita dengan Tuhan, memperkuat iman, dan hidup dalam ketaatan.

Akhirnya, kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya pengharapan Kristen. Di tengah ke-tidak-tahuan, kita harus tetap percaya bahwa Tuhan akan memenuhi janji-Nya. Ketika pengantin lelaki akhirnya datang, gadis bijaksana bersiap menyambut dengan sukacita. Demikian juga kita, sebagai orang percaya, harus selalu memiliki pengharapan dalam Kristus, karena janji-Nya pasti akan digenapi.

Jadi, kita diingatkan untuk siap dan setia berjaga-jaga, serta memiliki pengharapan yang kuat saat kita merenungkan perumpamaan ini.

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Khotbah Minggu
  • Terhisap Dalam Persekutuan Allah Trinitas
    YOHANES 3:1-17
    Minggu sesudah Pentakosta disebut sebagai Minggu Trinitas. Minggu Trinitas mengajak umat untuk menyaksikan Allah Trinitas (Bapa, Putra dan Roh...
  • ROH KUDUS YANG MENGUBAHKAN
    Kisah Para Rasul 2:1-21
    Selamat hari Pentakosta! Pernahkan Saudara membayangkan, andaikata Roh Kudus tidak hadir di dunia ini. Apa yang akan terjadi? Tanpa Roh Kudus...
  • KEPUNYAAN KRISTUS, BERSAKSI DI DUNIA
    Yohanes 17: 6-19
    Kita sedang hidup dalam dunia yang telah jatuh dalam dosa. Dalam dunia ini, kita terbiasa mendengar kabar baik dan...
  • BUKAN LAGI HAMBA TETAPI SAHABAT
    Yohanes 15:9-17
    Sebelum Tuhan Yesus berpisah dengan para murid-Nya, Dia mengubah status para murid-Nya. Dari status hamba menjadi sahabat. Kata Hamba...
  • Melekat pada Kristus
    Yohanes 15:1-8
    Salah satu keunikan Injil Lukas, dibandingkan ketiga injil lainnya, adalah melimpahnya kisah Yesus makan bersama orang lain. Injil Lukas...