Bersedia untuk Diinterupsi

Belum ada komentar 11 Views

Bacaan Hari ini:
Lukas 10:37 “Jawab orang itu, “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya, “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Jika Anda ingin melayani orang lain seperti Yesus melayani Anda, maka buang jauh-jauh jadwal kegiatan Anda. Orang-orang membutuhkan Anda dan ketika mereka membutuhkan Anda, Anda harus rela diinterupsi. 

Mereka tidak butuh Anda ketika Anda tidak sibuk. Kasih seringkali tidak nyaman, dan melayani orang lain butuh waktu.

Satu hal yang kita tahu tentang Yesus adalah Dia membiarkan diri-Nya diinterupsi. Dia berhenti untuk menolong.

Suatu hari Yesus menceritakan sebuah perumpamaan tentang orang Samaria yang Baik Hati, yang mendapati seorang pria yang baru saja dirampok dan dipukuli tergolek di tepi jalan menuju Yerikho. Seorang pendeta dan seorang pejabat gereja hanya melewati pria yang terluka itu tanpa memberi bantuan, tetapi orang Samaria itu berhenti dan menolong.

Pikirkan alasan-alasan yang sebenarnya bisa diberikan orang Samaria itu untuk membenarkan dirinya untuk tidak membantu. Dia bisa saja berkata, “Saya punya masalah saya sendiri yang harus saya pikirkan” atau “Saya punya urusan yang lebih penting yang harus saya urus” atau “Orang lain akan menolongnya.”

Jujur saja, kapan pun Anda menginginkan sebuah alasan untuk tidak membantu orang lain yang Tuhan tempatkan di dalam hidup Anda, Iblis akan segera memberikannya kepada Anda. Dia dengan senang hati akan memberikan Anda seribu alasan mengapa Anda tidak punya waktu, energi, atau uang untuk membantu seseorang yang membutuhkan bantuan Anda.

Tetapi ketika Anda bertemu dengan orang-orang yang terluka, itulah kesempatan buat Anda belajar melayani dan mencintai — itulah cara Tuhan untuk Anda memanfaatkan momen-momen itu dalam hidup Anda.

Ketika Anda menemukan peluang-peluang itu hari ini, bagaimana Anda akan meresponnya?

Apakah Anda akan melewatkannya begitu saja? Atau akankah Anda memanfaatkannya?

Yesus meluangkan waktu-Nya untuk membantu Anda saat Anda membutuhkan.

Ketika Yesus selesai mengatakan tentang perumpamaan Orang Samaria yang Baik Hati, kata-Nya, “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” (Lukas 10:37)

Renungkan hal ini: 

– Bagaimana Anda bisa membangun margin ke dalam jadwal Anda, sehingga Anda bisa lebih mudah menunjukkan kebaikan kepada orang lain?

– Ketakutan-ketakutan apa yang perlu Anda lupakan untuk dapat menunjukkan kebaikan kepada orang lain?

– Bersiaplah di minggu ini: Tuhan ingin Anda menunjukkan kebaikan kepada seseorang yang datang ke dalam hidup Anda. Bagaimana Anda akan meresponnya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 66-67; Roma 7

Berhentilah sejenak dan dengarkanlah suara orang lain yang membutuhkan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Renungan Harian
  • Berdiri Bersama Korban
    Mazmur 140
    Aku tahu, bahwa TUHAN akan memberi keadilan kepada orang tertindas, dan membela perkara orang miskin. (Mzm. 140:13) Preferential option...
  • Melawan Rasialisme
    Ester 4:1-17
    “Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan … Siapa tahu, mungkin...
  • Menjadi Kawan, Bukan Lawan!
    Markus 9:38-50
    “Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.” (Mrk. 9:40) Setara Institute pada 7 Januari 2020 merilis angka...
  • Pembawa Kebaikan
    Matius 5:13-20
    “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Mat. 5:16)...
  • PROVIDENSIA DEI
    Mazmur 124
    Pertolongan kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. (Mzm. 124:8) Providensia Dei, artinya pemeliharaan Allah. Karya...