Berjumpa SANG RAJA dalam Kehinaan

Yehezkiel 34:11-16, 20-24; Mazmur 95:1-7; Efesus 1:15-23; Matius 25: 31-46

Belum ada komentar 36 Views

Skenarionya, bukan saya mengerti apa yang saya lakukan, melainkan saya melakukan suatu perbuatan itu -baik atau jahat- sebagai sesuatu yang sudah dengan sendirinya saya lakukan tanpa menyadari bahwa saya telah melakukan hal itu. (Mat.25:37).

Apa yang dilakukan seseorang secara otomatis, tanpa mikir, tanpa menyadari, itu lah nilai karakter yang sudah terbentuk dalam dirinya, sudah menjadi satu dan mendarah daging dalam hidupnya.

Dilihat orang atau tidak dilihat orang, itu lah yang akan saya lakukan. Dari apa yang kita perbuat, sebenarnya kita bisa mengetahui siapakah kita. Apakah kita ini imitatio kristi ‘gambaran dari Kristus’ atau …… – tolong sebut sendiri- ?

Apa yang kita pikirkan itulah yang kita lakukan, dan apa yang kita lakukan itu akan menjadi kebiasaan (habit) dan kebiasaan yang kita lakukan akan menjadi karakter dalam hidup kita.

Tuhan Yesus dalam kisah ini mau mengingatkan kepada para murid, siapakah sosok atau apakah pikiran yang menuntun hidup keseharian kita ? Jika firman Tuhan yang menuntun kita dan menjadikan firman itu sebagai pelita bagi kaki dan terang bagi jalan kita, maka hidup kita akan dipimpin dan diarahkan secara otomatis sebagaimana terang firman itu menuntun.

Skenarionya bukan saya tahu, tapi saya tidak menyadari apa yang saya lakukan dan yang terpenting, bagaimana Tuhan Sang Raja kehidupan menilai apa yang kita lakukan. “If you want to be loved, love others first ‘jika Anda ingin dicintai, cintailah dulu sesamamu’.

Hanya dengan niat yang tulus untuk mengasihi sesama dan alam semesta ciptaan-Nya, maka Anda dan saya akan berjumpa dengan Sang Raja yang sering muncul dalam wajah kehinaan dan kerusakan alam semesta ini.

(tt)

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Khotbah Minggu
  • #kekelamandosa #belaskasihAllah #datangdanpulihkanlah
    Yesaya 64:1-9; Mazmur 80:2-8, 18-20; 1 Korintus 1:3-9; Markus 13:24-37
    Hari ini kita memasuki masa Advent (adventus = kedatangan). Dalam empat minggu sebelum Natal, kita akan berada dalam masa...
  • Kepercayaan Dan Tanggung Jawab
    MATIUS 25: 14-30
    “Wenn Gott einmal bei der Arbeit erwischt hat, dem schickt er zur Strafe immer wieder neue.” (Sekali Tuhan mendapati...
  • Allah itu Besar Kita itu Kecil
    I Tesalonika 4: 13-18
    Setelah manusia mati, kemana? Konsep Surga atau Rumah Bapa menjadi misteri bagi banyak orang di Tesalonika, yang sebagian berasal...
  • Keadilan Tuhan Dinyatakan
    Mikha 3:5-12; Mazmur 43; 1 Tesalonika 2:9-13; Matius 23:1-12
    Mengapa Tuhan Yesus pada akhir hidup-Nya di Kayu Salib berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa...
  • Luka di Hati, Bukan Prasasti
    Imamat 19:1-2, 15-18; Mazmur 1; 1 Tesalonika 2:1-8; Matius 22:34-46
    Siapa yang tidak tahu tentang luka? Kerusakan yang terjadi pada diri sendiri dan seringkali akan menimbulkan rasa sakit. Rasa...
Kegiatan