Menjadi komunitas kasih

Menjadi komunitas kasih

Belum ada komentar 43 Views

Sebuah doa, sekaligus adalah sebuah harapan yang mestinya kita perjuangkan untuk diwujudkan. Apalagi doa ini adalah doa Yesus. Nah, jika Yesus berdoa: “….supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita” (Yoh. 17:11 c), lalu apa yang harus kita perjuangkan sebagai muridNya?

  1. Kita harus mewujudkan sebuah komunitas. Menjadi murid Kristus bukan berarti hanya menjalin relasi yang akrab dengan Kristus, tetapi juga menjalin relasi yang akrab dengan sesama kita. Menjadi sebuah komunitas orang percaya.
  2. Standar relasi dalam komunitas orang percaya itu adalah ‘seperti Kita’. Relasi Kristus dengan sang Bapa menjadi model relasi kita dengan sesama, yaitu relasi kasih.

Sama seperti relasi Kristus dengan sang Bapa adalah relasi yang terbuka. Melaluinya terpancar kasih dan kepedulian Allah pada dunia, maka komunitas kita juga adalah komunitas kasih, yang melaluinya kasih dan kepedulian Allah terpancar dan di rasakan oleh banyak orang di sekitar kita.

Menjadi komunitas kasih seperti ini bukanlah perkara yang mudah. Selalu saja ada hambatan dan rintangan dari dalam maupun dari luar. Salah satu komunitas kasih yang digembalakan Petrus sungguh merasakan tantangan dan rintangan itu.  Karena itulah Yesus juga berdoa agar Allah memelihara komunitas kasih kita. Itulah juga yang diyakini oleh Petrus, Allah akan menjaga, melengkapi, meneguhkan, menguatkan, mengokohkan komunitas kasih yang digembalakan olehnya (1 Petrus 5:10).

Begitu pentingnya komunitas kasih ini buat Kristus, sehingga Kristuspun berkenan hadir di dalamnya melalui Roh Kudus. Berbahagialah anda semua yang diberi kepercayaan oleh Kristus untuk mewujudkan komunitas kasih. Berjuanglah terus menyatakan kasihNya, dan jangan takut terhadap rintangan dan tantangan, sebab Kristus sendiri hadir menyertai anda melalui Roh Nya.

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Khotbah Minggu
  • Kesayangan Allah
    Harta Kesayangan Allah
    Keluaran 19:2-8
    Periode embara Israel di padang gurun berlangsung selama 40 tahun. Berbeda dari anggapan popular bahwa periode ini berisi penderitaan...
  • amanat agung
    Amanat Agung?
    Matius 28:16-20
    Bacaan kita dari Matius 28:16-20 secara popular dikenal sebagai Amanat Agung (the Great Commandment). Tak jelas dari mana asal...
  • roh kudus
  • Kristus yang Bangkit Memersatukan
    Yohannes 17:1-17
    “Supaya mereka semua menjadi satu” Banyak orang suka berdoa. Tetapi model komunikasi seperti apa yang kita lakukan kepada Tuhan?...
  • berbuat baik
    Teruslah Berbuat Baik, Jangan Gentar!
    Yohanes 14:15-21; 1 Pet 3:13-22
    Bacaan Yohanes 14 dalam minggu ini adalah wejangan akhir Yesus sebelum matinya. Yesus membesarkan hati para murid agar tetap...
Kegiatan