Apa Artinya Kebenaran?

Belum ada komentar 9 Views

16 Juli 2019

Bacaan Hari ini:
Roma 1:17 “Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.” 

Kebenaran merupakan sebuah kata yang besar di dalam Alkitab di mana kata ini telah digunakan ratusan kali di dalamnya.
Alkitab mengatakan bahwa Allah cinta kebenaran dan bahwa Dia benar.

Dikatakan bahwa suatu hari Allah akan menghakimi dunia ini di dalam kebenaran.

Mazmur 23 mengatakan bahwa Tuhan memimpin kita di jalan kebenaran. 

Lalu apa arti kata ini? 

Saya pernah mencarinya di kamus teologis, dan definisinya ada setebal 27 halaman! Tapi saya akan meringkasnya menjadi dua hal:

Kebenaran adalah hubungan dan gaya hidup.

Kebenaran berarti menjadi benar bersama Tuhan.

Roma 1:17 mengatakan, “Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.” Kabar Baiknya adalah Allah menjadikan kita benar oleh karena diri-Nya sendiri melalui kematian Yesus sebagai ganti dari dosa-dosa kita. Karena kematian Yesuslah, kita dapat memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan.

Kebenaran juga merupakan sebuah gaya hidup. Itu berarti hidup benar seturut kehendak Tuhan.

Alkitab berkata dalam 1 Yohanes 2:29, “Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.”

Lalu memang apa pentingnya menjadi benar bersama Tuhan?

Sebab itulah satu-satunya jalan untuk hidup, dan itulah satu-satunya jalan ke surga.

Ketika Anda putus hubungan dari Tuhan, Anda tidak benar-benar hidup; Anda hanya tinggal. Kebanyakan orang di dunia ini tidak sepenuhnya hidup. Mereka hanya tinggal dan berusaha bertahan hingga akhir pekan.
Namun terputus hubungan dari Sang Pencipta yang menciptakan Anda sungguh teramat konyol.

Hidup ini bukan tentang memiliki ini itu atau berhasil mencapai sesuatu.

Hidup adalah mengenal Allah – Pribadi yang mencintai Anda dan yang menciptakan Anda dengan satu tujuan. Anda tidak benar-benar hidup sampai Anda benar bersama Tuhan dan memiliki hubungan dengan Dia.

Allah menciptakan surga sebagai sebuah tempat bagi anak-anak-Nya yang Ia kasihi, dan Ia ingin Anda bersama dengan-Nya di surga selamanya.

Dia ingin Anda ada di surga, tetapi Dia tidak akan memaksa Anda untuk pergi ke surga.

Anda bisa memilih untuk hidup terputus dari Allah di Bumi ini, tetapi ketika kehidupan Anda di Bumi ini selesai, Anda tidak akan punya kesempatan kedua untuk memilih di mana Anda akan menghabiskan kekekalan. 

Anda tidak dapat menyalahkan Allah, karena saat ini Dia menawarkan Anda pilihan tersebut, yaitu pilihan untuk menjalin hubungan dengan Dia. Dia ingin Anda memilih untuk mencintai-Nya! Dan ketika Anda mengambil keputusan itu, Anda akan dibenarkan di dalam Dia. Ikut Dia akan mengubah hidup Anda – di sini, di bumi ini dan untuk selamanya!

Renungkan hal ini:
– Jika Tuhan menjadikan Anda benar di dalam Dia, lalu mengapa Dia tetap masih ingin Anda belajar dan tumbuh di dalam kedewasaan rohani?
– Apa artinya memiliki hubungan dengan Allah? Seperti apakah hubungan tersebut tampak di dalam kehidupan Anda?
– Dengan kata-kata Anda sendiri, bagaimana Anda akan menjelaskan tentang kebenaran kepada orang lain? Apa perbedaan yang terlihat dalam hidup Anda ketika Anda telah dibenarkan dengan Allah?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 16-17; Kisah Para Rasul 20:1-16

Hidup dalam kebenaran merupakan cara Anda menuju surga.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Renungan Harian
  • Iman Ibranik
    Adventus 2019, Hari Enam Belas
    Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani itu, yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan...
  • Jiwa Yang Haus
    Mazmur 42
    Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah? (Mzm. 42:3) Sekitar 70% dari...
  • Resiliensi
    Adventus 2019, Hari Kelima Belas
    “Unless your faith is firm, I cannot make you stand firm.” (Isa. 7:9b; NLT) Apa yang kita alami sesungguhnya...
  • Iman Yang Kritis
    Matius 11:2-11
    “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari...
  • Popok Bau Seorang Imam
    Adventus 2019, Hari Keempat Belas
    Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan...
Kegiatan