kepada

Allah Yang Mengarahkan Diri Kepada Dunia

Yohanes 3:1-17

Belum ada komentar 77 Views

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,” demikian pernyataan dahsyat Yesus di dalam Yohanes 3:16, yang telah menjadi ayat favorit dari banyak orang Kristen di seluruh dunia ini. Kasih Allah yang begitu besar itu diarahkan pada dunia, bukan pada gereja. Celakanya, orang Kristen terlalu sering memahami dunia sebagai lawan Allah yang karena itu harus ditolak dan dihindari. Dengan kesalahpahaman semacam itu, orang-orang Kristen malah menolak dunia yang diterima Allah, membenci dunia yang dikasihi Allah, serta menghindari dunia yang didekati Allah.

Mungkin, akar perkaranya terletak pada pemahaman yang terlalu sempit mengenai kata “dunia” (Yun.: kosmos). Di dalam Yohanes 1:10, Yohanes Pembaptis berkata, “Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.” Di dalam satu ayat pendek ini, tiga kali kata “dunia” muncul. Ketiganya ternyata memiliki makna yang berbeda:

  1. “Ia telah ada di dalam dunia:” dunia memiliki arti netral, yang menunjukkan lokasi kehadiran Sang Firman yang menjadi manusia.
  2. “dunia dijadikan oleh-Nya:” dunia memiliki arti positif, sebagai ciptaan Allah di dalam Kristus yang dijadikan dengan cinta.
  3. “dunia tidak mengenal-Nya:” dunia memiliki arti negatif, sebagai kekuatan yang menolak dan berseberangan dengan Allah.

Tampaknya sikap antipati pada dunia selama ini lebih dilandasi oleh pemahaman negatif mengenai dunia. Padahal dunia juga berarti positif. Yohanes 3, yang memuat percakapan mendalam antara Yesus dan Nikodemus ini mengajar kita satu hal: Kita perlu mencintai dunia yang dicintai Allah, sebab kita mencintai Allah yang mencintai dunia. Gereja dicintai Allah sejauh gereja memang menjadi bagian dari dunia yang dicintai Allah.
ja

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Khotbah Minggu
  • Memperjuangkan Keadilan
    Am. 5:6-7, 10-15 dan Mark. 10:17-31
    Pemulihan yang diharapkan datang dari Allah untuk umat Israel diberitakan dengan menyerukan perubahan sikap hidup. Amos mengkritisi perilaku tidak...
  • Memperjuangkan Kesetaraan
    Kej. 2:18-24 dan Mark. 10:2-16
    Karya penciptaan yang Allah kerjakan bagi dunia adalah karya penciptaan yang membangun relasi ketergantungan satu dengan yang lain. Ketergantungan...
  • Kerajaan Allah di bumi
    Sungguh, Kerajaan Allah Di Bumi Tak Kalah
    Bilangan 11:4-6, 10-16, 24-29; Mazmur 19:7-14; Yakobus 5:13-20; Markus 9:38-50
    “Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita” (ay. 40) adalah prinsip dasar yang tampaknya perlu kita berlakukan...
  • Piramida Sungsang
    Piramida Sungsang
    Yeremia 11:18-20; Mazmur 54; Yakobus 3:13-4:3, 7-8; Markus 9:30-37
    “Apa yang kamu perbincangkan tadi di tengah jalan?” (ay. 33). Itu pertanyaan yang Yesus ajukan ke para murid. Kedua...
  • Yesus dan Petrus
    Ketika Yesus dan Petrus (dan kita) Saling Menghardik
    Yes. 50:4-9; Mzm. 116:1-9; Yak. 3:1-12; Mark. 8:27-38
    Percakapan dimulai dengan sangat indah. Yesus bertanya kepada para murid-Nya, “Kata orang, siapakah Aku ini?” Lantas para murid mengajukan...
Kegiatan