Yesus bangkit, aku semakin mengasihi

Yesus bangkit, aku semakin mengasihi

Belum ada komentar 2608 Views

Seperti biasa menjelang Paska, sejak bulan Januari, para Guru Sekolah Minggu (GSM) di Komisi Anak GKI Pondok Indah sudah mulai memikirkan acara-acara apa yang bisa dilakukan sehingga memberi kesan mendalam kepada para Anak Sekolah Minggu (ASM) yang datang pada Kebaktian Anak dan membuat mereka menjadi lebih mengenal Tuhan dan mengasihi-Nya.

Memang tidak mudah melaksanakan acara-acara seperti itu dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada, seperti misalnya pertemuan dengan ASM yang hanya seminggu sekali (kalau ASM tidak keluar kota atau sakit) untuk berlatih sesuatu, sehingga semuanya bisa terlibat dalam acara Paska ini. Kendala terbesar adalah ruangan di mana acara akan dilaksanakan, karena acara Kebaktian dan Perayaan Paska selalu diadakan tepat pada hari Paska, tidak sebelum atau sesudahnya. Dengan jumlah ASM sekitar 450-500 orang anak dalam berbagai usia, memang tidak mudah mengadakan acara khusus dan nyaman bagi setiap ASM.

Pada Kebaktian Anak setiap hari Minggu, Komisi Anak GKI Pondok Indah mempersiapkan para ASM yang hadir dalam 23 kelas, di mana mereka bisa mengikuti Kebaktian Anak bersama teman-teman seusia, mulai dari Kelas Bayi (0-11 bulan), Kelas PG1 (usia 12-23 bulan), Kelas PG2 (usia 24-35 bulan), Kelas TKA (usia 4 tahun), Kelas TKB (usia 5 tahun) dst. Tentu diperlukan banyak aktivis yang bersedia melayani di Komisi Anak, baik sebagai Guru Sekolah Minggu, maupun sebagai pemusik atau pelayanan lainnya, seperti mempersiapkan aktivitas dan alat-alat peraga. (Bila berminat untuk bergabung, silakan datang setiap hari Minggu di Sekolah Tirtamarta-BPK Penabur pukul 8.30)

Berikut kami sampaikan pelaksanaan Kebaktian dan Perayaan Paska 2013 di Komisi Anak yang kali ini dibagi menjadi 4 kelompok usia. Untuk Kelas Bayi, diadakan di ruang kelas, untuk Kelas PG dan TK, di ruangan lobi Taman Kanak-Kanak Sekolah Tirtamarta-BPK Penabur, untuk Kelas 1-3 SD di lobi depan Sekolah Tirtamarta-BPK Penabur dan untuk Kelas 4-6 SD di teras dan halaman Sekolah.

SELAMAT PASKA!

Tuhan Yesus memberkati kita semua!

KEBAKTIAN & PERAYAAN PASKA ASM KELAS BAYI, GKI PONDOK INDAH

Pagi itu Ibu Ira dibantu oleh Kak Cicih sibuk menata ruang Kelas Bayi di SekolahMinggu. Pada hari yang khusus ini, yaitu hari Paska, Kelas Bayi mengadakan Perjamuan Kasih. Para orangtua membawa makanan untuk dibagikan kepada bayi-bayi lainnya dan para orangtua yang hadir. Pada hari ini Kelas Bayi juga akan dilayani oleh Ibu Sri Asih dan Kak Nining, yang akan menceritakan kisah Kebangkitan Yesus. Pukul sembilan kurang lima belas menit, ruang kelas sudah mulai didatangi oleh adik-adik bayi beserta para orangtuamereka. Kali ini lebih banyak Papa dan Mama yang mengantar bayi-bayi mereka. Puji Tuhan!

Ruang kelas yang sudah ditata dengan karpet empuk mulai dipenuhi dengan seprei-seprei cantik untuk mengalasi para bayi yang belum berusia satu tahun. Ada yang tiduran, ada yang duduk atau dipangku, ada juga yang masih takut, jadi minta digendong.

Terdengar musik lembut dengan lagu-lagu khusus anak-anak, misalnya: Setinggi-tingginya langit, lebih tinggi kasih Yesusku. Sedalam-dalam lautan, lebih dalam kasih Yesusku. Seindah-indah pelangi, lebih indah kasih Yesusku… O.. Kasih Yesus. O.. kasih Yesus melebihi segalanya… O.. Kasih Yesus. O.. kasih Yesus melebihi segalanya… Betul sekali! Memang kasih Yesus melebihi segala sesuatu yang ada di bumi ini.

Tepat pukul sembilan, setelah memberi salam selamat datang kepada semua bayi dan pengantar mereka, Ibu Ira mengajak semuanya berdiri dan menyanyikan lagu “Sahabat Kristus” untuk memulai Kebaktian Paska Anak di kelas bayi.

Refr.: Hai- hai, hai Sahabat Kristus
Mari, marilah kemari
Hai, hai, hai, sahabat Kristus

Mari berbaris, satu, dua, satu dua, tiga, empat (Refr.)
Mari bernyanyi, la-la-la-la-la (Refr.)
Mari menari , teng,tong teng tong teng(Refr.)
Mari tertawa ha-ha-ha-ha-ha (Refr.)
Mari melompat hup, hup, hup, hup, hup (Refr.)
Mari berbisik, pssst… duduk yang manis… Mari berdoa.

Sebagaimana telah kita ketahui, bayi-bayi sudah mengenal lagu ini, dan mereka bersukacita melakukan gerakan dibantu oleh para mama dan pengantar. *tuuh… ngerti kan mereka…?*

Bayi-bayi juga sudah bisa berdoa lo! Jangan kira mereka tidak bisa. Bayi-bayi langsung melipat tangan.

Pagi ini, para bayi diajak menyapa Mama dan memeluk Mama, kemudian mereka diajak menyapa Papa dan memeluk Papa. Seperti Tuhan Yesus sayang pada kita semua, kita juga harus sayang pada Mama dan Papa. Selain itu, sebagai anak-anak Tuhan yang baik, tentunya para bayi juga harus sayang kepada kakak dan adik, sayang kepada teman-teman dan bisa berdoa sendiri. Ayo, kita nyanyikan bersama:

Anak Tuhan yang baik, sayang
Papa dan Mama
Anak Tuhan yang baik, sayang
Adik dan Kakak
Anak Tuhan yang baik, sayang
teman-temannya.
Anak Tuhan yang baik baca Alkitab
dan doa tiap hari.

Para bayi menerima gambar hati dan diajak menggerak-gerakkan gambar tersebut ketika menyanyikan lagu ini. Nah, Tuhan Yesus mendapat tugas dari Bapa di surga untuk menyelamatkan kita, anak-anak-Nya yang berdosa. Lalu Dia disalibkan dan kita selamat dari hukuman dosa. Kembali para bayi diajak menyanyikan lagu kesaksian tentang Tuhan Yesus, sambil menggoyang-goyangkan salib cantik yang sudah dipersiapkan oleh Kak Nining, khusus untuk para bayi di Kebaktian ini.

Yesus disalibkan karna cinta-Nya, kepadaku, kepadamu
Yesus disalibkan karna cinta-Nya, dosa dihapuskan.

Setelah disalib, Tuhan Yesus mati, dam dikuburkan di sebuah gua. Bayi-bayi melihat replika gua dan mendengarkan kisah selanjutnya, bahwa kubur itu kosong dan ada seorang malaikat yang mengatakan bahwa Dia sudah bangkit. Kembali para bayi diajak menyanyi bersama

Yesus bangkit! Yesus bangkit! Senanglah! Senanglah!
Dari kematian! Dari kematian! Menanglah! Menanglah!

Setelah persembahan sebagai respons atas anugerah Tuhan kepada kita, Kebaktian Paska diakhiri dengan doa penutup dan dilanjutkan dengan acara kebersamaan sambil menikmati berbagai makanan yang dibawa oleh para orangtua.

Senangnya mengikuti Kebaktian dan Perayaan Paska Kelas Bayi di kelas yang adem dan dihadiri oleh 14 orang bayi bersama orangtua mereka masing-masing.

KEBAKTIAN DAN PERAYAAN PASKA ASM KELAS BATITA & BALITA, GKI PONDOK INDAH (GKI-PI)

Mirip dengan Kelas Bayi, ASM di kelas PG (Play Group) dan TK, sangat imut-imut. Tetapi ASM di kelompok ini ada yang sudah bisa berjalan sendiri, karena sudah mulai besar, tetapi sebagian masih ingin ditemani oleh Mama, Papa atau pengasuh masing-masing.

Untuk kelompok usia PG dan TK disediakan satu ruangan besar di aula depan Taman Kanak-Kanak Sekolah Tirtamarta-BPK Penabur. Sejak hari Sabtu, kakak-kakak GSM sudah hadir untuk menghiasi ruangan besar itu dengan berbagai model hiasan berbentuk telur. Oh, rupaya motif telur yang akan ditekankan di kelompok usia ini.

Hari H sebelum pukul sembilan, pemusik sudah mulai berlatih. Kakak-kakak GSM dibantu oleh Pak Minto, sudah mempersiapkan segala sesuatu supaya nyaman bagi ASM nanti. Dekorasi dengan telur-telur raksasa bergelantungan di atas… Wow… banyak ya…

Akhirnya ASM dan pendamping mereka semakin banyak yang datang dan acara bisa dimulai. MC, Kak Arlin dan Kak Chris mengajak semua yang hadir untuk berdiri dan menyanyi bersama: “Kasih Yesus, dan Yesus Cinta Semua Bangsa”. ASM diajak bersaksi dengan nyanyian-nyanyian pujian, karena Tuhan Yesus sudah mau berkorban untuk menyelamatkan kita dari segala dosa. Lalu kata mereka dengan nyanyian:

Anak Tuhan yang baik, sayang Papa dan Mama
Anak Tuhan yang baik, sayang Adik dan Kakak
Anak Tuhan yang baik, sayang teman-temannya.
Anak Tuhan yang baik baca Alkitab dan doa tiap hari.

Kebaktian sudah berjalan tigapuluh menit, tapi masih banyak ASM berdatangan dan ternyata ruangan yang besar tadi menjadi sangat penuh dan mulai panas.

Setelah ASM berdoa sebelum firman, masuklah tiga orang perempuan berkerudung ke dalam ruangan dengan takut-takut, sambil mencari-cari, lalu ingin masuk ke kubur Yesus. Ternyata kubur itu kosong! Mereka sangat sedih, karena mereka mengira, bahwa ada orang mencuri Yesus. Tiba-tiba muncul seorang malaikat dengan pakaian putih bersinar dan berkata bahwa mereka tidak usah takut, karena Yesus sudah bangkit. Mereka sangat senang dan berlarian pulang untuk memberitakan kabar baik ini. Yesus sudah menang! Maut sudah dikalahkan!!

Refleksi untuk ASM dibawakan oleh Kak Aiko dan teman kecilnya, Lexo, dengan pesan bahwa Tuhan begitu mengasihi kita, umat-Nya, karena itu Dia mau mati untuk kita. Tapi Dia bangkit dan mengalahkan maut supaya kita selamat dan hidup kekal. Karena itu kita juga harus mengasihi semua orang, Papa, Mama, Kakak, Adik, mbak, dan teman-teman. Lexo, teman Kak Aiko, juga mau mengasihi semua teman dan semua orang di sekelilingnya. Adik-adik juga, kan? Sama seperti anak-anak yang hadir pada Kebaktian dan Perayaan Paska ini.

Para pemusik cilik dalam kelompok KIUT (K-ita I-ni U-ntuk T-uhan) yang sebelumnya sudah melayani Kebaktian Umum di gereja, mempersembahkan lagu-lagu kemenangan, karena Yesus sudah bangkit dan mengalahkan maut. Semua ASM bersukacita.

“Yesus disalibkan karna cinta-Nya, kepadaku, kepadamu.
Yesus disalibkan karna cinta-Nya, dosa dihapuskan!”

Setelah berdoa dan mengumpulkan persembahan sebagai ucapan syukur pada Tuhan, ASM menerima sebuah telur yang bisa dihias. Kebaktian dan Perayaan Paska ditutup dengan beberapa buah lagu kemenangan dan doa bersama. Kira-kira 170 orang ASM ikut pada Kebaktian dan Perayaan Paska tahun ini dan menerima salib kenang-kenangan serta makaroni panggang yang lezat untuk dibawa pulang.

Yesus bangkit! Yesus bangkit! Senanglah! Senanglah!
Dari kematian! Dari kematian! Menanglah! Menanglah!

 

Kelas Balita, kebaktian Kelas Balita, kebaktian

KEBAKTIAN & PERAYAAN PASKA ASM KELAS 1-3 SD, GKI PI BERSAMA DENGAN ANAK-ANAK PANTI ASUHAN “KARNA DOA” & “TANJUNG BARAT”

Kebaktian dan Perayaan PaskaKomisi Anak kelas 1-3 SD dihadiri kurang lebih 100 orang ASM. Berbaur dengan mereka ada 11 orang tamu istimewa, yaitu anak-anak dari PA “Tanjung Barat” dan PA “Karna Doa” yang telah diundang oleh Komisi AnakGKI Pondok Indah untuk ikut serta merayakan Paska bersama.

Acara dimulai tepat pukul 9.00 dan diawali dengan nyanyian kemenangan akan bangkit-Nya Sang Juru Selamat dunia, Tuhan kita Yesus Kristus. Doa pembuka dipimpin oleh seorang ASM kelas 2A yang telah sering melakukannya di kelas pada Kebaktian Anak setiap hari Minggu. Setelah itu MC, Kak Lisa, memberi kesempatan kepada setiap ASM untuk berkenalan dengan paling sedikit 2 orang tamu, mulai dari nama, umur dan warna kesukaan mereka. Setelah itu anak-anak dari Panti bergabung dalam kelas Sekolah Minggu, sesuai kelas mereka di sekolah.

Ayat Alkitab tentang penangkapan dan penyaliban Yesus dibacakan secara bergilir oleh ASM per kelas. Dimulai dengan kisah penangkapan Yesus (kelas 3A), Yesus diadili (kelas 3B), Yesus dihukum (kelas 2A), Yesus disalib (kelas 2B), Yesus mati (kelas 1A), dan Yesus bangkit (kelas 1B). Ayat diambil dari Yohanes 18 dan 19. Selama pembacaan, untuk lebih meresapi kalimat-kalimat yang dibaca, anak-anak juga bergantian menyanyikan lagu “Mengapa Yesus Turun Dari Surga” dan diakhiri dengan lagu “Anak Allah” yang merupakan kesaksian tentang pengorbanan dan kebangkitan Yesus yang memberikan kemenangan dan harapan akan masa depan yang baik bagi kita yang percaya kepada-Nya.

Anak-anak sangat antusias untuk membacakan ayat bagian mereka di atas panggung. Walaupun mereka belum hafal ayat-ayat bacaan tugas mereka, mereka tetap maju ke depan dengan membawa Alkitab atau catatan masing-masing.

Drama yang dimainkan oleh Kakak-Kakak GSM (Kak Vine, Kak Iis, Kak Diana, Kak Joice) dibantu oleh seorang dari Komisi Remaja, Kak Bella, berjudul “Yesus Mengasihiku”,disambut dengan meriah oleh anak-anak yang hadir. Mereka menyimak setiap adegan dengan penuh perhatian dan merespons dengan tawa spontan ketika ditampilkan adegan lucu, dan berteriak kaget ketika pelaku pencopet melarikan diri ke arah penonton. Drama memerankan kisah pertobatan seorang anak jalanan yang selalu menjambret untuk menghidupi dirinya dan adiknya yang sakit. Anak ini sangat terharu ketika secara tidak sengaja ia bertemu lagi dengan salah seorang korbannya, yang ternyata tidak melaporkan tindakannya, bahkan memaafkannya. Kasih kepada sesama ditunjukkan oleh sang korban karena ia telah mengenal Yesus dan menerima-Nya sebagai Juru Selamatnya. Akhir cerita, sang anak jalanan mau bertobat dan menerima Yesus.

Ayat pendukung tema Paska tahun ini adalah 1 Petrus 1:22, “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.” Dalam refleksi yang disampaikanoleh Kak Lisa,anak-anak yang hadir diajak untuk selaluberbagi kasih dan menolong sesama seperti yang telah dilakukan oleh sang ibu, korban penjambretan, kepada sang anak jalanan tadi, karena itulah juga yang sudah dilakukan oleh Tuhan Yesus untuk kita semua: mengasihi kita dengan segenap hati. Teladan Yesus harus selalu kita ingat dan lakukan, sehingga Tuhan berkenan. Mengasihi kepada siapapun tanpa memilih-milih dan lebih mengasihi lagi dengan tindakan-tindakan nyata.

Untuk lebih mengingat pesan Paska tahun ini dalam tindakan,Panitia Paska Komisi Anak mengadakan kuis berhadiah. Pertanyaan ditujukan kepada para ASM GKI Pondok Indah, apakah ia sudah mengenal salah seorang tamu dari PA. ASM yang bersangkutan boleh memanggil salah seorang anak dari PA yang sudah dikenalnya untuk berbagi hadiah. Sebelumnya, ASM harus menyebutkan nama, umur dan warna kesukaan teman barunya itu. Jika jawaban benar, hadiah boleh dinikmati bersama, tetapi jika salah, hadiah sepenuhnya menjadi milik teman dari PA ini.

Sangat mengharukan ketika seorang ASM mau memberikan hadiah yang disukainya kepada teman di PA. Dan sebaliknya seorang anak dari PA juga mau berbagi hadiahnya, walaupun jawaban ASM ternyata salah. Indahnya berbagi dan saling mengasihi…

Sebagai ungkapan syukur pada Tuhan atas pengorbanan dan anugerah-Nya kepada kita, anak-anak yang hadir pada Kebaktian dan Perayaan Paska Komisi Anak tahun ini mengumpulkan persembahan mereka sambil menyanyikan lagu “Kasih Yesus Indah, Oh Indah” diiringi duet gitar dari Kak Victor dan Kak Alvin.
Sebelum berpisah satu dengan lainnya, semua anak yang hadir diajak berkomitmen untuk senantiasa mengasihi siapapun dengan berbagi kasih lebih banyak lagi pada setiap kesempatan, dengan diiringi lagu “Anak Allah, Yesus Nama-Nya”.

Setelah doa penutup dan ungkapan syukur dengan menyanyikan lagu “Bapa Terima Kasih”, Kebaktian dan Perayaan Paska usai, anak-anak menerima kenang-kenangan Paska 2013 dan konsumsi Paska, makaroni panggang… nyam.. nyam…

KEBAKTIAN & PERAYAAN PASKA ASM, KELAS 4-6 SD, GKI PI BERSAMA DENGAN ANAK-ANAK PANTI ASUHAN “KARNA DOA” & “TANJUNG BARAT”

“Woooow, ini adalah hari yang luar biasa!”

Berbeda dengan hari Minggu lainnya, anak-anak Sekolah Minggu (ASM) GKI Pondok Indah, kelas 4-6 SD merayakan Paska dengan teman-teman dari PA “Karena Doa” dan “Tanjung Barat”.

Pada hari Minggu tersebut, 31 Maret 2013, anak-anak PA mulai berkumpul pukul 8.00 pagi di Sekolah Tirtamarta-BPK Penabur. Tidak seperti biasanya kalau ASM datang dan duduk di kelas, hari ini mereka mempersiapkan diri menyambut teman-teman baru, yaitu anak-anak PA.

Setelah semua berkumpul, Ibu Ratna Suwandono memimpin doa pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan hangat dari Kak Sanny Iskandar, Ketua Komisi Anak GKI Pondok Indah, dan Ibu Debora, pimpinan PA “Karena Doa”. Tidak ketinggalan, Ibu Sylvi, wakil dari PA “Tanjung Barat”, jugamenyambut gembira acara kebersamaan ini.

Kebaktian diawali dengan nyanyian pujian oleh dua orang anak dari PA “Karna Doa”. Betapa menakjubkannya melihat kerjasama mereka dalam melayani Tuhan dengan menyanyi sambil memainkan alat musik gitar. Kemudian, untuk mengakrabkan anak-anak yang hadir, Panitia menyediakan roti dan minuman sebagai santapan pagi. Tentu kami, para Guru Sekolah Minggu (GSM), berharap bahwa proyek kepedulian ini dapat juga mendidik anak-anak untuk belajar peduli pada anak-anak lain. Itu sebabnya, para GSM berharap kerjasama seperti ini dapat terus berlanjut sebagai pembelajaran bagi ASM GKI Pondok Indah untuk berbagi kasih dan kepeduliankepada sesama mereka.

Pada acara ini hadir pula beberapa teman, yaitu kakak-kakak dari Komisi Remaja dan Komisi Pemuda, untuk mendampingi adik-adik di Sekolah Minggu. Mereka turut menghidupkan suasana kebersamaan dengan mendukung beberapa games, yaitu acara permainan bersama semua anak panti dan ASM. Permainan-permainan ini dipilih sesuai dengan tema Paska tahun ini, yaitu “Yesus Bangkit, Aku Makin Mengasihi” dengan tujuan melatih kepedulian, kerja sama, kepekaan, empati, dan komunikasi di antara anak-anak yang hadir. Acara berjalan dengan meriah.

Pada permainan pertama, anak-anak diajak untuk mempraktikkan bagaimana mereka dapat saling mendukung apabila di dalam anggota kelompok ada yang tidak dapat melihat, mendengar atau berbicara. Permainan itu mengarahkan anak-anak untuk dapat menggunakan kreativitas mereka dalam berkomunikasi, sambil bekerjasama berjalan menuju ke satu tujuan.

Permainan kedua, anak-anak diajak untuk berhati-hati dengan jebakan “ranjau”. Melalui permainan ini anak-anak belajar mengingat dan memperhatikan aturan yang ada. Tentu saja permainan ini dipenuhi ketegangan tetapi juga gelak tawa.

Pada permainan ketiga, anak-anak bermain sliding ball. Permainan ini mengajak anak-anak membawa bola dengan pipa yang terbelah, secara estafet. Mereka diajak bekerjasama untuk membawa bola ke satu tujuan. Tentu saja secara tidak langsung anak-anak belajar peduli satu dengan yang lainnya. Sebagai reward bagi para pemenang, juga disediakan hadiah-hadiah menarik, sehingga menambah semangat para pemain.

Setelah saling berkenalan secara intensif dalam permainan-permainan tadi, anak-anak juga diajak untuk masuk dalam Kebaktian Paska, di mana mereka menyanyi bersama, berdoa dan mendengarkan Firman Tuhan. Kebaktian Paska ini menjadi sangat menarik untuk anak-anak, karena menggunakan berbagai multimedia, seperti misalnya video singkat dan tayangan powerpoint. Dengan gayanya yang unik, Pak Lukas, sebagai Pelayan Firman, menjelaskan pesan Paska tahun ini melalui kisah Yesus yang mati disalib, dikuburkan dan hidup kembali. Sebagai respons atas anugerah dari Tuhan untuk kita, anak-anak memberi persembahan syukur mereka bagi kemuliaan Tuhan Yesus yang sudah bangkit.

Usai kebaktian, para pemenang dalam permainan-permainan tadi, yaitu Kelompok Yerusalem, boleh menerima hadiah yang sudah dijanjikan. Bagi yang tidak menang, tentu saja ada hadiah kenang-kenangan dan hadiah khusus bagi teman-teman dari PA sesuai dengan wishlist mereka.

Acara kebersamaan ini ditutup dengan doa oleh Ibu Eva Hamdani dan foto bersama sebagai kenang-kenangan Paska. Kami sangat berterima kasih kepada Kakak-Kakak dari Komisi Remaja dan Pemuda yang sudah membantu sehingga acara bisa berjalan dengan baik.

Kesan seorang ASM kelas 6, Jenina: “Saya senang dan… panas!” Betapa polosnya anak-anak. Juga Clara, ASM kelas 6 menjawab: “Senang sekali, sayang panas.” Memang aula yang digunakan tidak dilengkapi dengan AC. Komisi Anak GKI Pondok Indah selalu mengalami dilema dalam mengadakan acara-acara Paska atau lainnya di luar kelas, karena anak-anak sudah terbiasa dengan udara yang dingin dan nyaman di dalam kelas. Kiranya Tuhan mau memberikan jalan keluar yang lebih baik pada kesempatan yang akandatang.

Walau panas dan agak kurang nyaman bagi ASM, kami para GSM tetap percaya bahwa Tuhan hadir dan bekerja, sehingga pesan Paska tahun ini dapat dihayati oleh setiap anak yang hadir dalam acara Paska tersebut.

Terima kasih, Jenina dan Clara untuk evaluasi kalian, terima kasih untuk semua ASM, terima kasih Kakak-kakak GSM untuk pelayanannya! Terima kasih juga untuk Kakak-kakak Pemuda dan Remaja. Mari kita teruskan program peduli ini dengan proyek peduli lainnya. Kiranya Tuhan memberkati kita semua sehingga makin menjadi berkat bagi sesama. Tuhan juga kiranya memberkati PA ‘Karena Doa’ dan ‘Tanjung Barat’.

Segala kemuliaan hanya bagi nama Tuhan!

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Antar Kita
Kegiatan