Enam Cara Tuhan Membantu Anda Mengatasi Kedukaan

Belum ada komentar 14 Views

Bacaan Hari ini:
Mazmur 34:18 “TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”

Masing-masing kita akan mengalami kehilangan dalam hidup ini, lalu bagaimana Allah menyembuhkan hati yang terluka?

Anda tidak bisa melupakannya. Anda tidak bisa mengalahkannya; Anda tidak bisa melawannya. Anda harus menghadapinya. Dan jika Anda takut mengekspresikan perasaan Anda dan menolak untuk menghadapinya, di situlah Anda terjebak.

Tetapi bagaimana caranya melepaskan diri dari kedukaan? Dengan membiarkan Tuhan membantu Anda.

Berikut ini enam cara Tuhan memberkati hati yang hancur. 

1. Tuhan membuat Anda mendekat kepada-Nya.
Mazmur 34:18 mengatakan, “TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.” Ketika Anda berduka, Anda merasa seolah Tuhan berada berjuta mil jauhnya. Namun apa yang Anda rasakan dengan kenyataan tidaklah selalu sama. Tuhan tidak jauh. Bahkan Dia tidak pernah lebih atau kurang dekat dengan Anda

2. Tuhan berduka bersama Anda.
Alkitab memberi tahu kita bahwa Yesus “dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan” Yesaya 53: 3.

Ketika Anda datang kepada Yesus dengan segala kesedihan Anda, Dia tahu kepedihan yang Anda bicarakan, dan Dia memahami rasa sakit Anda. Tuhan itu simpatik. Dia tidak jauh. Dia tidak apatis. Dia tidak berdiri di pinggir lapangan. Dia berduka bersama Anda.

3. Tuhan memberi Anda keluarga gereja untuk memberi Anda dukungan.
Kita diciptakan untuk bersedih bersama keluarga gereja kita. Penyembuhan datang melalui sebuah persekutuan. Kesembuhan datang dari dalam gereja. Kesembuhan datang melalui sebuah komunitas. Kita lebih baik jika bersama-sama!

“Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!”
Roma 12: 5, 10,15.

4. Tuhan menggunakan kesedihan untuk membantu Anda bertumbuh.
Tuhan menggunakan kedukaan dan bahkan rasa sakit untuk membantu Anda menjadi lebih seperti Kristus, dan Ia melakukannya dengan tiga cara:

  • Tuhan menggunakan rasa sakit untuk mendapatkan perhatian Anda (Amsal 20:30)
  • Ia mendatangkan kebaikan dari dalam keburukan (Roma 8:28), dan
  • Ia mempersiapkan Anda untuk kekekalan surga (2 Korintus 4: 17-18)

5. Tuhan memberi Anda pengharapan surga.
Ada banyak orang yang berduka sampai hilang harapan. Kehidupan Anda di bumi ini singkat, tetapi jika Anda percaya kepada Yesus Kristus dan memercayakan keselamatan Anda kepada-Nya, Anda memiliki harapan untuk menghabiskan kekekalan di surga bersama Allah, dan harapan itu akan menopang Anda melalui waktu kehilangan Anda.

Alkitab berkata dalam 1 Tesalonika 4:13, “Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.”

6. Tuhan menggunakan rasa sakit Anda untuk membantu orang lain.
Ini yang disebut rasa sakit penebusan; itulah penggunaan terbaik dari rasa sakit yang sedang Anda alami. Tuhan tidak ingin Anda menyia-nyiakan luka. “Yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah” 2 Korintus 1: 4.

Renungkan hal ini:
– Mengapa menurut Anda Allah mengizinkan kita mengalami kesedihan dan kehilangan?
– Bagaimana mungkin Tuhan ingin Anda melayani orang lain yang berduka hingga hilang harapan?
– Apa rasa sakit terdalam yang pernah Anda alami? Bagaimana Anda bisa menggunakan rasa sakit itu untuk membantu orang lain?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 4-6; Kisah Para Rasul 17:16-34

Berdukalah bersama Tuhan, Dia selalu ada bersama Anda diatas gunung maupun di lembah yang terdalam.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Renungan Harian
Kegiatan