16 tahun Pos PI Desa Kemang

16 tahun Pos PI Desa Kemang

Belum ada komentar 114 Views

Pos PI Desa Kemang yang berlokasi di Jl. Parakan Salak, Parung–Bogor adalah salah satu dari dua Pos PI milik GKI Pondok Indah, yang tahun ini berusia 16 tahun. Suatu rentang waktu yang cukup panjang bagi perjalanan sebuah Pos PI.

Pos PI ini diawali dengan ibadah Sekolah Minggu yang dilayankan oleh tenaga Guru Sekolah Minggu yang saat itu didatangkan dari GKI Pondok Indah. Kesetiaan mereka mengajar anak-anak Desa Kemang selama lebih dari 10 tahun bukanlah hal yang mudah. Selain keunikan mendidik anak-anak yang tumbuh di desa, perjalanan dari Pondok Indah ke Desa Kemang dan kembalinya membutuhkan waktu sekitar 4 jam, bahkan terkadang lebih karena harus melalui kemacetan di sekitar Pasar Parung dan jalan Cirendeu. Namun jerih payah tersebut diberkati Tuhan. Firman Tuhan yang ditanam di hati anak-anak ini bertumbuh dengan baik.

Setelah kurun waktu pelayanan tersebut, kini angkatan pertama mengajar sebagai Guru Sekolah Minggu bagi adik-adik mereka. Sebagian lagi menjadi pegiat di Remaja dan Pemuda sesuai talenta mereka, bahkan bukan tidak mungkin suatu saat nanti akan muncul seorang pendeta dari Pos Desa Kemang, karena salah satu lulusan anak Sekolah Minggu Pos PI Desa Kemang kini tengah kuliah di STT Jakarta.

Memasuki usianya yang ke 16, Pos PI Desa Kemang sudah jauh berbeda dari awal dibukanya, antara lain :

Tempat Ibadah
Ibadah Pos Desa Kemang diadakan di rumah salah satu anggota jemaat, Bpk HongSin, yang dengan rela hati meminjamkan rumahnya. Ibadah umum diadakan di belakang rumah, dan ibadah Sekolah Minggu diadakan di halaman rumah. Dalam perjalanan waktu, jumlah jemaat yang beribadah terus bertambah, sehingga ruang belakang rumah tersebut menjadi sangat sempit dan panas, apalagi ketika jemaat sudah memenuhi koridor menuju ruang belakang, yang tentunya berpengaruh terhadap kenyamanan ibadah.

Puji Tuhan, seorang donatur tergerak untuk membeli rumah Pak HongSin, sehingga rumah tersebut bisa sepenuhnya dipakai untuk ibadah Minggu. Ibadah umum pindah ke teras depan yang lebih luas, sedangkan ibadah Sekolah Minggu sudah bisa bagi kelas di ruang-ruang di dalam rumah, bahkan ada yang di ruang atas.

Selain membeli rumah untuk ibadah, donatur tersebut juga membeli sebidang tanah di halaman depan dan samping rumah, dengan harapan agar suatu waktu nanti bisa membangun rumah ibadah yang lebih permanen di tanah tersebut.

Pelayanan Rohani
Pemahaman Alkitab (PA) diadakan seminggu sekali, yaitu untuk kaum pria setiap hari Rabu malam dan untuk kaum wanita setiap hari Kamis pagi. Pembawa Firman bergantian antara para pendeta Pondok Indah, Pdt. Luisye yang membina jemaat Pos PI, dan para pegiat GKI Pondok Indah.

Kini PA tersebut sudah ditambah dengan pemuridan untuk kaum wanita, pemuridan untuk kaum pria, pemuridan untuk remaja/pemuda dan pemuridan untuk anak-anak Sekolah Minggu Mateto, persekutuan doa remaja/pemuda, dll. Semua kegiatan pemuridan dilayani oleh Pdt. Luisye.

Pelayanan Sosial

  • Bekerja sama dengan Pelkes dan Dikesra GKI Pondok Indah, Baksos Peneriksaan dan Pengobatan Umum diadakan secara gratis untuk jemaat dan masyarakat Desa Kemang sebanyak dua kali dalam setahun. Selain itu Pos PI juga memfasilitasi jemaat dan masyarakat setempat untuk diikutsertakan dalam pelayanan Operasi Katarak Gratis yang diadakan setiap bulan November di GKI Pondok Indah
  • Bersama Panitia Bulan Peduli GKI Pondok Indah, Pos PI memfasilitasi masyarakat Desa Kemang untuk mendapatkan akta lahir, sehingga anak-anak dan masyarakat Desa Kemang mendapat kepastian hukum di Catatan Sipil.
  • Dengan memiliki akta lahir tersebut, Gereja dapat mengadakan nikah massal bagi sebelas pasutri di Desa Kemang.
  • Memberikan bimbingan belajar membaca bagi anak-anak SD dan bimbingan belajar matematika bagi anak-anak SMA jemaat Pos PI.
  • Pada bulan Juli 2012, bersama kepala Dusun, ketua RT dan ketua RW setempat membuka pendidikan anak usia dini (PAUD) Matahari, yang pada tahun berikutnya sudah meluluskan sejumlah anak untuk masuk kelas 1 SD. Anak-anak PAUD Matahari tahun ini meraih juara dua lomba gambar sekelurahan Desa Kemang
  • Membuka pelayanan Posyandu bersama RT dan RW setempat yang diadakan sebulan sekali.
  • Membuka pelayanan Posbindu untuk memeriksa kesehatan para orangtua dari masyarakat Desa Kemang.
  • Meminjamkan halaman rumah ibadah untuk dipakai kegiatan olah raga bagi kaum wanita Desa Kemang.

Demikian sekilas pelayanan Pos PI Desa Kemang dalam memasuki usianya yang ke-16 tahun. Kiranya Pos PI ini terus bertumbuh bersama jemaat untuk menjadi berkat bagi masyarakat sekitarnya.•(as)

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda (**) wajib diisi.

Arsip kategori Antar Kita
Kegiatan